Latest News

Tipsnya Dan Trik Listening Un Bahasa Inggris Sma 2012 (1)

Strategi Mengerjakan Soal Listening UN Bahasa Inggris

SHORT DIALOGUE

yg pertama yakni bab yg berisi obrolan dan pertanyaan. Dialog dan pertanyaan tidak bakal tertulis pada soal, jadi adik-adik Musti mendengarkan dengan baik-baik isi percakapan dan melihat 5 balasan a, b, c, d, atau e yg ada di soal. Pilih balasan mana yg paling sempurna menjawab pertanyaan yg diberikan oleh narator.

Dalam test bab ini, adik-adik diuji kemampuan pamahaman obrolan singkat dalam Bahasa Inggris antara dua orang. Format obrolan bisa digambarkan ibarat berikut:

Man : " Kalimat... "
Woman : " Kalimat... "
Man : " Kalimat... "

atau

Woman : " Kalimat... "
Man : " Kalimat... "
Woman : " Kalimat... "

Tipsnya dan trik untuk mengerjakan soal pada bab obrolan adalah:

  1. Saat narator membacakan "Direction", maka adik-adik Musti segera membaca pertanyaan berserta pilihan balasan yg ada pada soal. Sehingga adik-adik sudah mempunyai modal pemahaman terhadap soal apa saja yg diperkirakan nanti bakal ditanyakan pada soal.

  2. Dialog selalu dibacakan dua kali. Nah, setidaknya adik-adik sudah bisa yakin menemukan balasan Saat obrolan dibacakan untuk yg pertama kali. Jadi, Saat obrolan dibacakan ulang, adik-adik bisa membaca pertanyaan atau balasan pada soal selanjutnya... Jika belum yakin terhadap jawaban, maka adik-adik bisa memanfaatkan kesempatan untuk mengoreksi balasan Saat dibacakan ulang obrolan tersebut.

  3. Saat membaca pilihan jawaban, adik-adik Musti bisa memilih kira-kira kata tanya apa yg bakal dipakai narator? Apakah what, who, when, where, why, atau how, how long, how much, how many, dll... Dengan mengetahui kata tanya tersebut adik-adik bisa fokus dalam mendengarkan kalimat yg dibacakan pada obrolan yg mengandung unsur kata tanya tersebut dalam memilih jawabannya nanti

  4. Adik-adik Musti mencoba mengetahui dimana pembitrikan tersebut dilakukan, siapa mereka, apa hubungan mereka, atau apa yg mereka kerjakan. Ini supaya mempermudah dalam membuat analisa balasan yg tepat.

  5. Terakhir. Jangan memagarkan balasan kosong, isi saja sebisanya siapa tahu balasan adik-adik benar, hehe...


Tipsnya: Dalam mengisi LJK pada soal listening ini, adik-adik jangan mengisikan pribadi di LJK. Cukup tandai saja pada pilihan balasan A, B, C, D, atau E pada lembar soal saja. Sehingga adik-adik punya cukup waktu untuk membaca perintah atau pilihan balasan pada soal selanjutnya.

0 Response to "Tipsnya Dan Trik Listening Un Bahasa Inggris Sma 2012 (1)"

Total Pageviews