Latest News

Tipsnya Dan Trik Menghadapi Psikotes Dan Wawantrik Stis

setelah berjuang di tahap 1 melawan soal Matematika, bahasa Inggris, dan Pengetahuan Umum untuk masuk ke STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik) dan demi sebuah harapan masa depan. Kini sudah menghadang lagi tahapan ke 2 penerimaan mahasiswa gres STIS, yaitu psikotes dan wawantrik atau interview.

Nah, berikut ini blog biru kutipkan beberapa Tipsnya dan trik untuk menghadapi psikotes dan wawantrik STIS yg diambil dari banyak sekali sumber di internet.

Psikotes dan Wawantrik. Psikotes dan wawantrik (interview) ini ialah bab PMB STIS yg paling ajaib sifatnya. Karena adik-adik selaku peserta sama sekali tidak paham mengenai sistem penilaiannya. Jelas sangat beda Jika dibandingkan dengan PMB STIS Tahap 1 yg amat terang evaluasi benar salahnya pada soal Matematika, Bahasa Inggris dan Pengetahuan Umum. Sementara Jika adik lulus tahap 2, tahap 3 sudah menanti yaitu tes kesehatan. Namun, PMB STIS Tahap 3 yg amat terang sehat tidaknya.

Tipsnya dan trik untuk menyiasati psikotes dan wawantrik ini sifatnya sangat umum, tidak terlalu spesifik. Ya! Mengingat sistem penilaiannya yg tidak sama dengan sistem evaluasi di tahap 1 kemarin. Kriteria benar salahnya tergantung dari kesiapan mental adik-adik dan tergantung pada penilainya.

Oke, berikut ini ialah Tipsnya dan triknya

1. Datang lebih awal

Ini ialah Tipsnya yg selalu muncul Saat menghadapi sebuah ujian. Mengapa? Kok bisa? Ya! Datang lebih awal ini bakal turut membantu keberhasilan dan kepercayaan diri adik-adik dalam tes wawantrik. Dengan tiba lebih awal, adik-adik bisa tau dimana posisi duduk dan ruangan yg bakal digunakan. Ini menawarkan efek rileks buat adik-adik. Selanjutnya adik-adik tidak perlu terburu-buru yg pada balasannya memecah konsentrasi dan rasa percaya diri adik-adik.

yg paling penting dengan tiba lebih awal bisa mengurangi resiko terlambat. Karena kegiatan wawantrik tidak bisa dipastikan kapan kita bakal dipanggil. Mengingat usang wawantrik setiap peserta tidak selalu sama. Jangan lupa untuk membawa semua peralatan tulis dan kelengkapan yg Musti dibawa untuk psikotes dan wawantrik.

2. Tenang dan selalu percaya diri

Ketenangan dalam menghadapi ujian bakal membuat semua keputusan yg kita ambil menjadi lebih jernih. Jawaban Saat diberi pertanyaan wawantrik pun lebih lancar dan mengalir tanpa rasa ada rasa gugup dan minder serta tidak percaya diri. Selain itu, ketenangan bisa memberi nilai lebih Saat wawantrik nanti. Ketenangan itu wujud kalo kita bener-bener udah siap untuk diuji. Kesiapan untuk diuji ini memperlihatkan kesepakatan tinggi dari kau untuk melanjutkan kuliah di STIS. Tak pelak, pewawantrik tak perlu ragu lagi merekomendasikan kau untuk lolos ke tahap selanjutnya.

3. Perhatikan hukum wawantrik.

Pada soal psikotes ada beberapa soal yg mengharuskan adik-adik berhenti menulis. Nah, Saat itu juga adik-adik Musti berhenti menulis. Jangan memaksa untuk mengerjakan soal meskipun adik-adik masih bisa mengerjakannya. Karena hukum mainnya jelas. Jika sudah selesai, ya selesai Saat itu juga.

Pada soal psikotes ada perintah menggambar orang atau manusia, nah Jika adik-adik menggambar separuh tubuh, itu bukan manusia, tapi kepingan manusia. Kaprikornus Musti komplit ada tangannya, kakinya, dsb. Begitu juga Saat Musti menggambar pohon. Ini yg kadang tidak diperhatikan Saat mengerjakan psikotes bab menggambar.

Untuk wawantrik, jawablah dengan bahasa yg baik dan teratur tanpa Musti mengada-ada dan dibuat-buat. Karena niscaya terang bakal kelihatan.

4. Berpenampilan rapi.

Jelas, dalam wawantrik jangan hingga mengenakan kaos oblong dan sandal. Usahakan untuk menggunakan seragam yg disyaratkan, bersepatu. Jelas penampilan bakal memperlihatkan siapa jati diri adik-adik dan kesungguhan untuk melanjutkan studi di STIS. Pihak pewawantrik terang bakal menentukan mereka yg berpenampilan rapi dibanding kusut dan tidak rapi.

5. Jangan Pura-Pura

Pada soal psikotes terdapat soal yg hanya berisi dua pilihan jawaban dan adik-adik Musti menentukan satu darinya yg menggambarkan gimana sifat adik-adik. Pertanyaan ini sering diulang di pertanyaan selanjutnya. Jika adik-adik berbohong, maka bakal terlihat jawabannya tidak konsisten. Nah usahakan dijawab dengan jujur dan apa adanay. Demikian juga halnya Saat wawantrik. Kalo adik-adik bohong satu kali aja, maka adik-adik niscaya bakal melaksanakan kebohongan lainnya untuk menutupi kebohongan itu. Ujung-ujungnya kau niscaya keteteran. Pewawantrik bakal tau dan menolak untuk merekomendasikan kamu. Kaprikornus terapkan kejujuran Saat psikotes dan wawantrik.

6. Perbanyak latihan

Pada soal psikotes terdapat soal ihwal menggambar insan dan pohon atau kombinasi insan dengan pohon. Gambar insan dan pohon ini memperlihatkan seberapa detil adik-adik bisa menggambarkan orang yg menjadi citra masa depan adik-adik. Gambarkanlah insan seutuhnya, terlihat kaki, tangan, telinga, matanya dua, hidungnya ada lubangnya, jari tangannya lima (jangan empat, nanti ibarat gambar kartun). Dan gambarlah orang tersebut segimana harapan adik-adik kelak. Untuk gambar pohon, gambar sedetail mungkin. Ada akar, daun, buah, bunga, dsb.

Untuk wawantrik, latihan ngomong di depan cermin kayaknya manis juga. Perhatikan lisan kau Saat disodori pertanyaan. Berikan tatapan mata meyakinkan Saat menjawab pertanyaan, jangan slengean. Perhatikan juga posisi duduk kamu, posisi tangan kamu, pandangan kamu, apa aja lah. Tipsnya wawantrik ini juga udah banyak ditulis di luar. Googling aja.

7. Jangan Gugup!

Gugup itu biasanya terjadi kalo kita tidak terbiasa berhadapan dengan satu situasi, apalagi kalo kita terbebani oleh pikiran kita sendiri. Untuk mengatasi hal ini, adik-adik Musti membuat diri kau nyaman dalam suatu situasi, yg mana triknya bisa bervariasi, tergantung individunya. Misalnya saja, bila gugup cobalah untuk mengatur nafas gitu. Tarik nafas pelan-pelan, terus hembuskan perlahan. Ini bakal membantu mengusir rasa gugup berlebihan.

Untuk pola dan pembahasan TRIK SUPERKILAT soal-soal psikotes bakal diunggah dan dibahas pada bab sendiri nanti di blog mengembangkan dan mencar ilmu ini. Kaprikornus tunggu updatenya di blog ini ya.... Selalu kunjungi dan selalu update!

Sukses!

*disadur dari beberapa sumber

0 Response to "Tipsnya Dan Trik Menghadapi Psikotes Dan Wawantrik Stis"

Total Pageviews