Latest News

Cara Menghitung Premi Asuransi Kendaraan Beroda Empat (Aritmatika Sosial)

Cara Menghitung Premi Asuransi Mobil (Aritmatika Sosial)


Sobat Matematika yang tercinta kali ini kita akan mencar ilmu aritmatika sosial yang berafiliasi dengan bagaimana menghitung besaran premi asuransi mobil. Sebelum kita bahas panjang lebar sebagai pengetahuan pelengkap kami akan berikan citra apa sih asuransi kendaraan beroda empat dan perusahaan perusahaan asuransi satu dengan yang lain serta perbandingan besaran dan pinjaman asuransinya.

Anda sedang membeli kendaraan beroda empat baru? Sudah di asuransikan belum? Mengasuransikan kendaraan beroda empat sangat penting buat kita dan aneka macam manfaatnya. Coba bayangkan bila anda gres sebulan beli kendaraan beroda empat datang tiba di curi orang atau terjadi kecelakaan hingga kendaraan beroda empat ringsek. Siapa yang sanggup menolong? Tentunya asuransi kendaraan beroda empat bukan?.
Sobat Matematika yang tercinta kali ini kita akan mencar ilmu aritmatika sosial yang berhubung  cara menghitung premi asuransi kendaraan beroda empat (aritmatika sosial)
Mungkin anda belum tahu yang bekerjsama apa sih fungsi asuransi kendaraan beroda empat dan bagaimana hitung hitungannya secara matematika sesuai dengan peraturan yang berlaku. Penting sekali tahu bagaimana cara menghitung premi  asuransi kendaraan beroda empat  agar kau kamu tidak gampang tertipu oknum yang mau mengeruk laba sendiri dengan iming iming yang selangit. Nih kami bagikan cara menghitung premi asuransi kendaraan beroda empat buat kalian yang belum paham.

Besaran premi asuransi kendaraan beroda empat oleh  Otoritas Jasa Keuangan menurut SE No. 21/SEOJK.05/2015 Sydah diatur secara jelas. Oleh sebab itu kalian juga harus baca dulu tuh isi dari SE tersebut. Semua itu biar kalian tidak di bohongi dengan macam macam biaya lain lain yang tak jelas.

Ada dua jenis asuransi mobil   di indonesia yang paling terkenal yaitu  Total Lost Only atau biasa dikenal TLO  dan All Risk/Comprehensive.  Semuanya mempunyai kelebihan dan kelemahan. Mana yang manis untuk dipilih? Ya tergantung dari kemampuan kalian.  Yang terperinci kedua asuransi kendaraan beroda empat itu mempunyai jangkauan pinjaman yang tak sama maka harganya pun tak sama pula.

Misalkan asuransi kendaraan beroda empat tipe 1 yaitu TLO

Jangkauan perlindungan

1. Kendaraan rusak parah melebihi 70% kerusakan atau mungkin sudah mustahil di perbaiki kembali.

2.  Kendaraan atau kendaraan beroda empat yang di curi



Kalian yang membeli kendaraan beroda empat non cas atau lazim disebut kredit biasanya tak perlu mendaftarkan asuransi TLO ini. Pihak leasing sudah mengasuransikannya dan anda membayarnya bersamaan dengan DP atau angsuran 1. Yah mereka juga ingin berjaga jaga biar tidak terjadi hal hal yang tak diinginkan. Dan melindungi konsumen tentunya. Nah bila kalian kredit satu taun maka besaran premi asuransi yang kalian bayar juga akan lebih murah dibandingkan dengan kredit selama 4 tahun.



Asuransi tipe kedua all risk/comprehensive
Jangkauan perlindungan
1.     Kerusakan ringan, lecet, atau kesrempet pohon atau kendaraan beroda empat lain atau kendaraan lain atau kerusakan onderdil ringan misal lampu bamper cat dll tetap di tanggung all risk

2.     Kendaraan rusak berat

Jadi pinjaman asuransi kendaraan beroda empat tipe dua lebih luas namun biayanya juga lebih mahal. Ya pepatah menyampaikan ada rupa ada harga. Semakin baik perlindungannya semakin mahal pula harga premi asuransi kendaraan beroda empat yang perlu dibayarkan. Apa lagi kendaraan yang berumur atau tuwa akan semakin mahal. Logikanya semakin bau tanah semakin banyak peluang rusaknya. Biasanya besaran premi kendaraan beroda empat diatas 5 tahun yakni minimal 5 % dari harga nominal mobil.

Besaran premi asuransi kendaraan beroda empat juga berbeda satu kawasan dengan kawasan yang lain. Mengapa demikian? Tentunya hal tersebut berkaitan dengan harga jual kendaraan beroda empat tiap kawasan tidak sama. Daerah dengan harga jual kendaraan beroda empat mahal atau diatas kawasan ata rata maka besaran premi asuransi mobilnya juga akan lebih besar.

Yuk mari mencar ilmu berhitung besaran premi asuransi dari dua perusahaan besar diatas.

Perhatikan Kasus.
Andaikan kau membeli sebuah kendaraan beroda empat keluarga di semarang sebesar 180 juta . hitung besaran premi asuransi mobilmu jika

a.      perusahaan  TLO  sesuai SE tadi  besaran premi asuransi TLO pada kendaraan beroda empat dengan harga  Rp125 juta hingga Rp200 juta di semarang  adalah 0,44 - 0,53 persen. Kemudian Diler tempatmu membeli kendaraan beroda empat memakai dosis premi asuransi mobilmu sebesar  0,50 %.  
b.     premi asuransi all risk untuk harga kendaraan beroda empat Rp180 juta di wilayah Semarang yakni 2,47-2,72 persen. diler tetapkan premi asuransi sebesar 2 %

jawab

a, bila di TLO Besar premi asuransi mobilmu  =  0,50 /100 x Rp180.000.000,00 = Rp 900.000,00/tahun

Jika mobilmu datang tiba terjadi kecelakaan hingga rusak parah maka pihak asuransi akan memberimu ganti kerugian seharga mobilmu tadi Rp 180.000.000,00. Nah batasan pinjaman asuransi TLO hanya 1 tahun. Karena semakin berumur mobilmu semakin bau tanah semakin harganya turun maka besaran premi asuransi mobilmu tiap tahunnya akan semakin mengecil.


b.   Premi asuransi all riski all risk = 2/100 x .180.000.000 = 3.600.000/tahun
Lebih mahal bukan namun jangkauan perlindungannya lebih luas.


Demikian artikel wacana bagaimana menghitung premi asuransi kendaraan beroda empat kamu. Semoga bermanfaat


Baca Juga

 TRIK CEPAT SELESAIKAN SOAL DISKON HARGA PEMBELIAN


0 Response to "Cara Menghitung Premi Asuransi Kendaraan Beroda Empat (Aritmatika Sosial)"

Total Pageviews