Latest News

Mitos Asal Permintaan Gempa Bumi Doktrin Kuno

Bumi bergetar dan berguncang yang biasa kita sebut gempa bumi merupakan pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang membuat gelombang seismik. Gempa Bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak Bumi atau lempeng Bumi. Namun kenyataannya tak hanya disebabkan oleh alam, gempa bumi juga dapat disebabkan oleh meteor, letusan gunung, bahkan buatan insan menyerupai ledakan bom. Sahabat anehdidunia.com sebelum majunya ilmu teknologi akan penyebab gempa bumi ini, beberapa mitos yang dipercaya di dunia ini sangat berbeda dengan apa yang telah berhasil ditemukan oleh para andal perihal penyebab gempa ini. Berikut mitos asal permintaan gempa bumi yang dipercaya di beberapa negara.

Legenda Kura-Kura Babi Sapi Dan Ular India

Legenda Kura-Kura Babi Sapi Dan Ular India via merdeka.com
Orang India kuno percaya bila Bumi diseimbangkan oleh beberapa hewan. Hewan-hewan itu ialah babi hutan dengan gadingnya, ular dengan tujuh kepala, sapi dengan tanduknya, dan 8 ekor gajah yang berdiri di atas tempurung kura-kura. Nah, gempa akan terjadi apabila satu atau lebih binatang tadi berganti posisi.

Loki Skandinavia

Loki Skandinavia via germanicmythology.com
Ternyata, kisah jahat Loki tidak hanya ada di film The Avenger saja. Bagi bangsa Skandinavia yang mempunyai legenda yang kuasa Norse, gempa Bumi kerap mengguncang ketika Loki membuat keonaran. Dikatakan jikalau Loki membunuh Balder, yang kuasa kecantikan dan cahaya. Sebagai hukuman, Loki dikurung dalam sebuah gua dengan seekor ular beracun di atas kepalanya yang terus meneteskan racun. Saat racun itu menetes di wajah Loki, yang kuasa itu akan berontak dan menggetarkan Bumi.

Kisah Lele Raksasa, Namazu Jepang

Namazu Jepang via merdeka.com
Bagi orang Jepang, gempa terjadi akhir gerakan berpengaruh dari Namazu, atau yang dikenal sebagai lele raksasa. Lele raksasa itu disegel oleh Kashima (dewa perang) di lapisan lumpur di bawah permukaan tanah, tepatnya disebuah batu. Apabila segel Kashima melemah, Namazu akan berontak dan menimbulkan gempa dahsyat.

Dewa Ruaumoko Selandia Baru
 
Ilustrasi Dewa Ruaumoko Selandia Baru via sacredbite.com
Berdasarkan mitologi dari suku orisinil Selandia Baru, Maori, Bumi ini berjulukan Papatuanuku. Papatuanuku sendiri dikatakan sedang mengandung seorang yang kuasa berjulukan ‘Ru’. Gempa akan terjadi ketika bayi yang kuasa Ru dalam kandungan Papatuanuku bergerak, menyerupai menendang-nendang.

Bumi Demam Mozambik

Ilustrasi bumi demam via nellattesa.it
Tidak kalah unik dari legenda-legenda sebelumnya, orang Mozambik mempunyai iman bila Bumi ini sama menyerupai manusia, sama makhluk hidupnya. Oleh alasannya ialah itu, Bumi pun dapat sakit. Gempa bumi sendiri siap mengguncang manakala Bumi demam. Saat beliau merasa riang dan gemetar, Bumi pun bergoncang.

Dosa Manusia Rumania

Dosa Manusia Rumania
Di legenda bangsa Rumania, Bumi bersandar di atas beberapa pilar yang terbangun dari harapan, kepercayaan, dan amal manusia. Saat ketiga amalan baik insan itu semakin berkurang, secara otomatis pilar-pilar itu akan semakin lemah. Nah, apa bila ada pilar yang retak atau patah, terjadilah goncangan yang mengakibatkan gempa di bumi.

Poseidon Mengamuk Yunani

Poseidon Mengamuk Yunani via debrakristi.wordpress.com
Tidak banyak yang tau, selain menjadi yang kuasa lautan, Poseidon ialah yang kuasa dari gempa Bumi. Menariknya, Poseidon akan membuat gempa ketika suasana hatinya sedang tidak baik alias bad mood. Adik yang kuasa Zeus itu lantas akan menghantamkan pusakanya, trisula, ke tanah dan timbulah gemba Bumi dan tsunami yang dahsyat.

Legenda Babi Rusa Indonesia

Legenda Babi Rusa Indonesia via pinterest.com
Menurut kisah dari orang Sulawesi, Bumi ini berdiri di atas sebuah babi rusa raksasa. Gempa bumi akan terjadi ketika si babi rusa merasa gatal di tubuhnya dan menggosokkannya ke pohon palm.


referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Gempa_bumi
http://www.merdeka.com/teknologi/9-mitos-asal-usul-gempa-bumi-dari-berbagai-negara-indonesia-ada.html

0 Response to "Mitos Asal Permintaan Gempa Bumi Doktrin Kuno"

Total Pageviews