Latest News

#2 Cara Terbaik Mengetahui Jumlah Backlink Pada Blog

Sampai ketika ini backlink merupakan salah satu dari 200+ google ranking faktor yang masih berperan sebagai salah satu contoh mesin pencari khususnya google untuk memilih pantas tidaknya suatu artikel muncul di halaman terbaik hasil pencarian mesin pencari (SERP atau search enggine result page).

 Untuk membangun backlink yang menuju halaman situs memang bukanlah perkara mudah, perlu usaha, kerja keras dan waktu, bahkan harus dilakukan setrik hati-hati dan diusahakan agar backlink yang kita bangkit kelihatan senatural mungkin, alasannya yaitu kalau saja kita tidak tau trik membangun backlink yang aman, maka kemungkinan besar apa yang kita upayakan berpotensi mendapat penalty google.

Banyak trik yang sanggup kita upayakan agar blog sanggup mempunyai backlink, sanggup setrik natural (ada dengan sendirinya alasannya yaitu orang lain tanpa diminta) atau sanggup dibangun oleh sendiri, backlink gres akan memperlihatkan imbas terhadap suatu halaman situs ketika backlink yang menuju halaman situs atau blog tersebut berhasil diklaim (diindex) atau diakui oleh google, semakin banyak backlink yang di claim google dan semakin berkualitas backlink yang menuju suatu blog atau halaman situs maka kemungkinan besar blog atau halaman blog tersebut akan lebih gampang ditemukan dihasil pencarian mesin pencari.

Pelajari juga: Cara membangun backlink natural yang kondusif untuk blog anda

Saya sendiri setrik konsisten selalu mengecek jumlah backlink, dan selama ini apa yang saya amati ternyata jumlah backlink selalu berbanding lurus dengan jumlah visitor atau pengunjung blog, ketika pengunjung blog merangkak ternyata di waktu yang sama jumlah backlink juga bertambah, barangkali anda juga mengalami hal yang sama, anda sanggup cek, artinya semakin banyak jumlah backlink yang berhasil di claim oleh google maka visitorpun akan meningkat.

Bagaimana Cara Melihat dan Mengetahui jumlah Backlink yang dimiliki suatu Blog

Terkadang untuk beberapa alasan kepemilikan backlink pada suatu halaman blog atau situs perlu kita ketahui, sanggup jadi alasannya yaitu ingin tau ingin mengetahui jumlah backlink suatu halaman situs atau blog tertentu atau mungkin saja ingin menganalisa bagaimana trik blog kompetitor sanggup mendapat backlink.

Banyak sekali tool yang tersedia yang sanggup kita gunakan untuk mengetahui jumlah backlink yang dimiliki oleh suatu blog, ada yang gratisan bahkan ada yang berbayar, pada artikel kali ini saya akan mengembangkan bagaimana trik mengetahui jumlah backlink yang dimiliki oleh suatu blog dengan tool gratisan sebagai berikut:

Cara #1- Menggunakan Google Webmaster tool (GWT)

Google webmaster tool (GWT) atau kini dikenal dengan sebutan google search Console (GSC) yaitu tool online gratis yang disediakan oleh google yang sanggup membantu webmaster atau pemilik situs untuk memantau, memonitor dan merekam segala atrik robot mesin pencari terhadap suatu blog atau website, salah satu akomodasi yang ditawarkan oleh GWT ini yaitu melihat gosip jumlah backlink blog anda langsung yang berhasil di claim oleh mesin pencari google.

Tool ini sanggup dipakai hanya untuk mengetahui jumlah backlink pada blog yang anda miliki saja, jumlah backlink yang dilaporkan oleh google webmaster tool yaitu jumlah backlink sebetulnya yang benar-benar sudah diakui oleh mensin pencari google.

Untuk mengatahui jumlah backlink blog anda menggunakan google webmaster tool, blog anda terlebih dahulu harus sudah terintegrasi dengan GWT, kalau belum silahkan lakukan registrasi google webmaster tool terlebih dahulu. Sebagai panduan anda sanggup lihat artikel ihwal trik daftar google webmaster tool dengan cepat

Untuk mengetahui jumlah backlink menggunakan google webmaster tool langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

a. Silahkan anda sign in ke halaman utama google webmaster tool kemudian pilih salah satu blog anda.


b. Pada bilah hidangan sisi kiri, pilih hidangan Search Trafict kemudian pilih submenu Link To Your Site, anda akan melihat gosip jumlah backlink yang dimiliki blog anda menyerupai terlihat pada gambar dibawah ini:

Sampai ketika ini backlink merupakan salah satu dari  #2 Cara Terbaik Mengetahui jumlah Backlink Pada Blog

Anda akan melihat gosip jumlah backlink dan juga sumber backlink berasal, menyerupai terlihat pada gambar diatas.


Cara #2 - Menggunakan Tool Pihak Ke 3 (Openlinkprofiler.org)

Banyak sekali tool online pihak ke 3 yang menyediakan akomodasi untuk melihat backlink setrik gratis, tool-tool tersebut sangat berkhasiat sekali untuk melihat dan mengamati jumlah backlink yang dimiliki oleh blog sendiri mapun jumlah backlink yang dimiliki oleh blog competitor atau blog pesaing.

Beberapa tool yang sanggup anda gunakan untuk melihat jumlah backlink setrik detail dan lengkap yang dimiliki oleh  suatu blog diantaranya adalah:

a. ahref.com
b. opensiteexplorer.com
c. openlinkprofiler.org
d. dll.

Beberapa tool diatas mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, anda sanggup coba satu-persatu,

di artikel ini saya akan mencoba bagaimana trik melihat backlink suatu blog dengan menggunakan salah satu tool pengecek backlink diatas yaitu dengan menggunakan openlinkprofiler.org, langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

a. Silahkan masuk ke situs openlinkprofiler.org Anda akan disajikan halaman menyerupai gambar dibawah ini:

Sampai ketika ini backlink merupakan salah satu dari  #2 Cara Terbaik Mengetahui jumlah Backlink Pada Blog
 
c. Silahkan anda masukan alamat blog yang ingin anda lihat backlinknya, kemudian tekan tombol Analyze backlink, sebagai contoh saya akan coba cek alamat situs adsense-lab.blogspot.com, milik saya.

Maka Akan terlihat tampilan menyerupai gambar dibawah ini:

Sampai ketika ini backlink merupakan salah satu dari  #2 Cara Terbaik Mengetahui jumlah Backlink Pada Blog

Untuk melihat daftar backlink setrik lengkap anda sanggup melaksanakan filter, untuk memfilter salah satu kriteria yang paling penting yaitu LIS (Link Influence Score) efek backlink yang diberikan, semakin besar nilai LIS itu mengambarkan backlink tersebut memperlihatkan imbas besar untuk blog rujukannya.

d. Silahkan tentukan kriteria backlink yang akan anda lihat setrik detail, kemudian pilih filter backlink, anda akan melihat kesannya menyerupai gambar dibawah ini:

Sampai ketika ini backlink merupakan salah satu dari  #2 Cara Terbaik Mengetahui jumlah Backlink Pada Blog


Anda akan melihat daftar backlink sesuai dengan kriteria yang anda tentukan menyangkut, LIS situs sumber backlink, anchor text yang dipakai dan juga jenis backlink dofollow atau nofollow menyerupai terlihat pada gambar diatas.

Kenapa Jumlah Backlink di webmaster tool versus jumlah backlink tool pihak ke 3 berbeda?

Jika anda membandingkan jumlah backlink blog anda berdasarkan google webmaster tool dengan jumlah backlink berdasarkan tool pihak ke 3, maka kesannya akan berbeda, pada umumnya jumlah backlink yang di tampilkan oleh tool pihak ke 3 menyerupai (openlinkprofiler) akan lebih kecil atau lebih sedikit kalau dibandingkan dengan  jumlah backlink yang dilaporkan oleh google webmaster tool.

#Kira-kira mana yang paling benar?

Tentu saja yang paling benar dan sanggup diandalkan yaitu Jumlah backlink berdasarkan google webmaster tool.

beberapa gosip yang pernah saya baca bahwa google menyembunyikan sebagian jumlah backlink yang dimiliki oleh suatu blog atau website, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dengan website tersebut, salah satunya yaitu untuk meminimalisir terjadinya sabotase dari pihak competitor.


Demikian artikel ihwal #2 Cara Praktis Mengetahui jumlah Backlink Pada Blog semoga bermanfaat

0 Response to "#2 Cara Terbaik Mengetahui Jumlah Backlink Pada Blog"

Total Pageviews