Latest News

9 Tips Blogging Yang Mungkin Belum Pernah Anda Dengar Sebelumnya


Yang sudah mencicipi niscaya setuju: blogging itu tidak mudah.

Banyak memang blog yang sukses, mendapat ribuan pengunjung per hari. Mendapatkan penghasilan dan popularitas. Padahal mereka cuma menulis artikel.
Makanya sepertinya  terlihat mudah.

Tapi jauh lebih banyak lagi mereka yang gagal. Mereka yang tidak berhasil mendapat bahkan 100 pengunjung per hari. Setiap hari menerbitkan artikel tapi tidak ada yang membaca.
Kalau anda termasuk yang ibarat itu, saya punya tips.

9 tips dalam artikel ini jarang diungkapkan oleh blogger-blogger Indonesia, bahkan mungkin beberapa di antaranya belum pernah anda ketahui. Tetapi semuanya sangat ampuh untuk membuat blog yang sukses.

Sebelum itu, yang belum punya blog bisa baca dulu panduan trik membuat blog.

 Mendapatkan penghasilan dan popularitas 9 Tips Blogging yang Mungkin Belum Pernah Anda Dengar Sebelumnya

Tips #1 - Jangan ikut-ikutan membuat konten berbentuk 'berita'

Menulis 1 gosip itu mudah.

Tapi menulis puluhan gosip dalam sehari, setiap hari...susah. Kalau anda tidak punya tim redaksi sendiri, saya jamin anda akan kewalahan dalam hitungan bulan atau bahkan hari.

Blogger itu bukan penulis berita.

Banyak 'situs konten' di Indonesia yang terkenal. Situs-situs tersebut menerbitkan banyak artikel dalam sehari lantaran isinya merupakan tren-tren atau gosip terbaru.

Tapi lantaran situs ibarat itu jadi populer, banyak blogger yang ikut-ikutan. Padahal cuma seorang diri tanpa tim redaksi.

Kaprikornus mari kita serahkan urusan artikel gosip kepada mereka yang bisa memproduksi banyak artikel.

Kita tidak perlu ikut-ikutan.

Lalu konten apa dong?

Konten terbaik untuk blog yang dimulai setrik kecil-kecilan yaitu konten panduan. Artinya konten yang berisi arahan bagi pembacanya untuk bisa melaksanakan sesuatu.

Utamakan yang topiknya tidak pernah kadaluarsa.

Membuat konten ibarat ini sedikit lebih sulit daripada menulis 1 artikel gosip tapi anda tidak butuh menerbitkan artikel banyak-banyak. 1 kali per ahad atau 1 kali per bulan pun sudah cukup.

Tips #2 - Gunakan paragraf singkat agar pembaca betah

Kita semua waktu di pelajaran Bahasa Indonesia jaman sekolah pernah diberitahu oleh bapak/ibu guru mengenai jumlah kalimat dalam satu paragraf.

Sekitar 3-7 kalimat.

Kalau di media cetak sih tidak apa-apa, tapi untuk menulis di internet, itu kebanyakan.

Begini, kita di internet terbiasa dengan konten-konten ringan ibarat gambar, video, dan kalimat singkat (misalnya Tweet atau status FB). Tulisan-tulisan yang panjang, bertumpuk-tumpuk jadi berat untuk dibaca.

Karena itulah agar pembaca betah, gunakan paragraf singkat.

1-3 kalimat.

Saya sendiri di blog menggunakan paragraf yang singkat-singkat dan respon dari pembaca sangat positif.

Meskipun tampaknya tips ini sepele, tapi sesungguhnya berdampak luar biasa.

Kalau pembaca betah di blog kita, maka mereka akan rela untuk balik lagi di masa depan. Bukan cuma itu, semakin usang mereka berada di website maka semakin tinggi kemungkinannya untuk men-share konten kita.

Buat yang paham SEO tentunya paham jikalau pembaca puas maka peringkat di Google akan naik.
Kaprikornus ini tips sederhana yang dampaknya luar biasa.

Tips #3 - Dapatkan wangsit goresan pena eksklusif dari pembaca

Tidak jarang orang yang 'pensiun' jadi blogger hanya lantaran kehabisan ide. Serius.
Kaprikornus jikalau anda ingin menjadi seorang blogger untuk jangka panjang, pastikan anda punya sistem untuk mendapat wangsit tulisan.

Salah satunya yaitu dari pembaca.

Ini beberapa pertanyaan yang bisa menjadi topik konten:
  1. Apa permasalahan yang sedang anda hadapi?
  2. Apa yang ingin anda pelajari?
  3. Apa yang bisa saya lakukan untuk meningkatkan kualitas blog ini?
Misalnya jikalau saya punya blog wacana tips bisnis, ternyata ada pembaca yang menjawab bahwa permasalahan mereka yaitu 'tidak punya modal untuk memulai usaha'.

Dari situ saya bisa buat artikel 'ide perjuangan tanpa modal' dan 'trik mendapat modal usaha'.
Selain dari pembaca, bisa juga dari situs-situs komunitas yang terkait dengan topik blog anda sendiri.

Pelajari Juga:  Cara Efktif mencari wangsit untuk judul postingan

Tips #4 - Tampung wangsit konten di Trello

Kadang-kadang kita punya beberapa wangsit konten yang bagus, tapi lantaran tidak disimpan jadi lupa. Lalu 3 hari kemudian ketika akan menulis artikel, tidak satupun wangsit yang terpikirkan.
Itu sebabnya kapanpun terlintas ide, eksklusif ditampung.

Untungnya ada tool berjulukan Trello. Fungsi orisinil dari Trello sesungguhnya untuk administrasi pekerjaan, tapi lantaran sangat gampang untuk dipakai jadi bisa kita manfaatkan untuk menampung ide.
Selain itu Trello juga punya aplikasi untuk Android dan iOS sehingga bisa diakses kapanpun dimanapun.

Masih ada lagi.

Karena fungsi aslinya untuk administrasi pekerjaan, Trello juga bisa dipakai sebagai editorial calendar jikalau anda punya banyak penulis dan jadwal penerbitan konten.

Tips #5 - Percepat proses pembuatan konten dengan menulis kerangkanya dulu

Membuat konten itu memakan banyak waktu.

Sebetulnya yang memakan waktu lebih banyak itu bukan proses menulisnya...tapi ketika kita berpikir sambil menulis. Belum lagi jikalau ternyata sehabis menulis banyak-banyak ternyata ada yang perlu
diganti lantaran strukturnya kurang pas.

Ini akan makin parah untuk artikel yang panjangnya lebih dari 1000 kata.

Karena itu, agar untuk mempercepat proses penulisannya kita harus memisahkan proses berpikir dan proses menulis. Dengan trik membuat kerangka konten.

Proses pembuatan kerangkanya ibarat ini:
  1. Tulis semua poin utama
  2. Tulis sub-sub poin untuk tiap poin utama
  3. Tiap poin dan sub poin cukup terdiri dari 1 kalimat.
Misalnya dalam artikel berupa list/daftar yang sedang anda baca ini, tiap subheader (tips 1-9) jadi poin utama dan penjelasannya menjadi sub poin.
Gunakan Evernote jikalau anda ingin catatannya bisa diakses dari komputer atau smartphone, atau yang paling simpel gunakan Notepad.

Tips #6 - Pelajari trik membuat judul yang mengundang klik

Judul yaitu separuh dari nyawa konten anda.

Hampir tidak ada orang yang membaca isinya tanpa membaca judulnya dulu. Tapi banyak yang hanya membaca judul tanpa isinya.

Bahkan berdasarkan Copyblogger, dari 100 orang yang mampir ke blog anda ada 80 yang membaca judul tapi hanya 20 yang melanjutkan membaca artikel.

Artinya jikalau anda membuat artikel selama 5 jam, sebagian besar pengunjung tidak membaca hanya lantaran judul yang kita buat dalam 30 detik terakhir/pertama.

Ini mengapa judul jadi sangat penting untuk konten.

Tidak hanya itu...
Bayangkan ketika konten anda di-share ke Facebook dan Twitter. Yang terlihat hanya judulnya, gambar, dan klarifikasi kurang dari 200 huruf. Kalau judul anda membosankan maka tidak akan ada yang meng-klik.

Ada juga konten yang jadi viral di social media hanya lantaran judulnya.

Tapi judul yang berpotensi viral tidak dibentuk setrik acak dan untung-untungan. Ada trik psikologi di balik setiap judul sehingga orang-orang jadi tertarik.

Ini beberapa tips membuat judul yang mengundang klik:
  • Jelaskan manfaat konkret yang akan didapatkan
  • Gunakan angka atau persentase
  • Buat mereka penasaran
  • Buat jadi pertanyaan
  • Tunjukkan keunikan dalam artikel anda
Hati-hati, jangan buat judul yang berlebihan hanya untuk mengundang klik. Meskipun mungkin akan berhasil tapi pembaca akan jadi kecewa.

Tips #7 - Sertakan banyak data di dalam konten

Manusia suka dengan data...angka, persentase, grafik, tabel.

Data akan meningkatkan nilai konten anda, ini lantaran dengan adanya data konten anda akan jadi:
  1. Lebih dipercaya
  2. Lebih nyata, tidak abstrak
  3. Menarik untuk diceritakan kepada orang lain
  4. Penulisnya akan dianggap lebih ahli
Coba bandingkan sendiri 2 kalimat ini, mana yang lebih menarik:
  • Saat ini ada puluhan juta pengguna Wordpress
  • Saat ini ada 70.423.049 blog yang menggunakan Wordpress
Maka dari itu, setiap kali anda menuliskan fakta-fakta dalam sebuah konten pastikan ada data minimal berupa angka.

Cara mencarinya juga tidak sulit, gunakan Google.

Tips #8 - Buat para pakar berkata "WOW!"

Di internet ada 2 tipe orang: orang biasa dan pakar.

Pakar yang saya maksudkan yaitu orang yang hebat dalam suatu topik tertentu. Dia sering mengembangkan pengetahuan wacana topik tersebut dalam bentuk blog atau di social media. Dan mereka punya banyak follower.

Setiap kali membuat konten, sasaran anda bukan orang biasa tapi para pakar.
Intinya ibarat ini...kita ingin agar mereka yang punya banyak follower itu kagum dengan konten kita sehingga mereka membagikan artikel kita kepada followernya. Dengan begitu artikel kita akan terkenal setrik instan.

Nah, untuk membuat mereka kagum...tidak cukup dengan konten berkualitas saja.
Konten yang kita buat harus luar biasa.

Begini, contohnya saya membuat artikel panduan diet. Artikel ini berkualitas, isinya bagus, detail, gampang dimengerti, dan ditulis dengan rapi.

Tapi bagi seorang pakar diet, isinya sudah biasa. Ingat, seorang pakar punya pengetahuan di atas orang rata-rata orang biasa wacana topik tersebut.

Maka dari itu mereka tidak akan kagum.
Dengan membuat konten yang isinya luar biasa, maka perkembangan blog gres anda akan jadi JAUH lebih cepat.

Beberapa tips membuat konten yang luar biasa:
  1. Jangan ulangi poin-poin yang sama dengan artikel sejenis
  2. Kualitasnya harus 10x lebih baik dibandingkan artikel sejenis
  3. Mengandung ide-ide gres yang belum sering dibahas
  4. Atau kontrkelewat / oversial, tetapi bisa dibuktikan kebenarannya
Lebih susah memang dibandingkan sekedar artikel berkualitas, lantaran anda akan butuh berpikir lebih dalam. Tapi balasannya dalam jangka panjang akan jauh lebih baik.

Tips #9 - Jangan cuma blogging di blog sendiri

Ada kesalahan konyol yang masih terus saja dilakukan oleh blogger, tidak pernah aktif keluar blog.
Istilahnya cuma jago kandang.

Padahal, blog gres itu pengunjungnya cuma sedikit (atau bahkan nol). Kalau kita terus-terusan cuma tulis-publish-tulis-publish maka hingga kapanpun tidak akan pernah berhasil mendapat pengunjung.

5 tahun yang kemudian masih bisa ibarat itu lantaran tentangan cuma sedikit.

Tapi sekarang? Jangan harap.

Aktif keluar itu maksud saya bukan blogwalking kemudian tulis komentar di blog lain "thanks artikelnya, sangat membantu". Salah.

Yang benar yaitu dengan aktif di situs komunitas terkait topik utama dari blog anda. Bukan untuk promosi tapi untuk membangun reputasi positif. Setelah itu gres promosi.

Selain itu, guest blogging.

Jadilah blogger tamu di blog-blog yang sudah terkenal agar anda akan dikenal oleh para pembaca setia dari blog tersebut. Dengan demikian mereka akan tiba ke situs anda juga.
Kalau ingin blognya ramai, datanglah ke daerah yang ramai.

Sekian...saatnya beraksi

Itulah 9 tips blogging favorit saya.
Untuk menjadi blogger yang sukses memang butuh perencanaan yang matang dalam konsepnya dan butuh perjuangan lebih dalam pembuatan konten serta pemasarannya.

Ada 3 kesamaan blog-blog yang sukses:
  1. Melalui perencanaan yang matang, tidak asal-asalan
  2. Kontennya luar biasa, tidak cuma berkualitas
  3. Aktif di luar blognya sendiri, tidak hanya jago kandang
Kalau anda yaitu blogger yang bercita-cita tinggi, beberapa dari tips di atas akan sangat bermanfaat untuk perkembangan blog anda.


Artikel ini ditulis oleh Darmawan dari PanduanIM.com, blog yang membahas seputar internet marketing, pengembangan bisnis, blogging, dan SEO.


0 Response to "9 Tips Blogging Yang Mungkin Belum Pernah Anda Dengar Sebelumnya"

Total Pageviews