Latest News

Cara Gampang Menciptakan Link Pada Artikel Blog Untuk Pemula

Saya pernah ditanya oleh sobat aku wacana bagaimana trik membuat text di dalam artikel postingan blog supaya sanggup diclick, awalnya terdengar sangat abnormal dan sedikit lucu, alasannya ialah ia masih pemula aku maklumi dan aku akibatnya tau maksudnya bahwa yang ia tanyakan ialah mengenai trik membuat link di dalam artikel postingan.

Untuk blogger yang sudah pengalaman barangkali trik memasukan link di dalam artikel postingan bukanlah hal gres bagi mereka dan aku yakin mereka sudah paham benar bagaimana trik membuatnya, tapi untuk blogger pemula apalagi blogger yang benar-benar masih sangat baru, trik menambahkan link pada postingan sanggup saja dianggap sesuatu yang asing buat mereka, bahkan kemungkinan besar mereka kebanyakan tidak tau trik membuatnya.

Saya pernah ditanya oleh sobat aku wacana bagaimana  Cara Praktis Membuat Link Pada artikel blog untuk pemula
 Image by:tdsmarketers.com
Cara membuat link didalam artikel postingan blog

Artikel ini benar-benar dibentuk untuk blogger pemula yang kebetulan belum tau bagaimana trik membuat link aktif di artikel postingan blog atau trik membuat goresan pena supaya sanggup diklik di dalam artikel postingan blog. namun sebelum aku jelaskan wacana bagaimana trik membuat link, aku akan coba jelaskan mengenai apa itu link?

Link atau sering juga disebut dengan hyperlink atau tautan ialah istilah yang sering dipakai di dunia internet untuk text/gambar yang sanggup diklik dan apabila diklik akan menuju halaman tertentu.

Untuk memahami link lebih lengkap, silahkan baca: Mengenal apa itu hyperlink untuk blogger pemula

Mengenal Isitlah link di dunia blog?

Di dunia internet, terutama di dunia blogging ada beberapa istilah untuk link yaitu:

a. Internal link
Internal link atau sering juga disebut sebagai  inboundlink adaah link dalam sebuah halaman blog atau halaman situs yang anda miliki, yang apabila diklik akan menuju halaman lain namun masih di blog atau situs yang sama.

b. Ekternal link
Ekternal link atau link keluar atau sering juga disebut sebagai outbound link ialah link dalam sebuah halalaman blog yang anda miliki yang apabila diklik akan menuju halaman blog atau situs orang lain

c. Backlink
Backlink atau link masuk, ialah link yang letaknya disitus orang lain namun apabila diklik akan menuju halaman situs anda.

Perintah Dasar Membuat link di dalam HTML

Pada dasarnya link dibentuk dengan isyarat HTML, isyarat sederhana untuk membuat link ialah sebagai berikut:

 <a href='url_tujuan'>anchor text</a>

url_tujuan ialah url yang akan dituju kalau link tersebut diklik.
anchor text, ialah text yang akan sanggup diklik untuk link tersebut.

Sebagai contoh:
Misal, di dalam artikel ostingan blog saya, aku ingin menyisipkan sebuah link dengan goresan pena "Klik disini" dan kalau diklik akan menuju halaman blog

Cara membuatnya ialah sebagai berikut:
<a href=' >Klik disini</a>

Perintah link diatas harus anda pahami alasannya ialah apapun link yang akan anda buat perintah dasarnya menyerupai itu, misalkan anda ingin memasang link di postingan facebook atau di halaman apapun perintah dasarnya menyerupai itu, namun untuk beberapa kasus link kadang sanggup dibentuk dengan pemberian tool khusus, contohnya di editor blogger, sehingga anda tidak perlu repot-repot untuk membuat link dengan perintah diatas.

Cara Menyisipkan Link di dalam artikel postingan?

Setelah anda mempunyai citra bagaimana perintah untuk membuat link, langkah selanjutnya ialah bagaimana trik menyisipkan link di dalam artikel postingan blog anda sendiri, langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:

a. Buka editor blog anda.
Silahkan buka editor blog anda kemudian di pojok kiri atas pastikan untuk menentukan compose

Saya pernah ditanya oleh sobat aku wacana bagaimana  Cara Praktis Membuat Link Pada artikel blog untuk pemula


b. Pada artikel anda, pilih text yang ingin anda buat sebagai link atau supaya text tersebut sanggup di-click, akan terlihat menyerupai gambar dibawah ini:

Saya pernah ditanya oleh sobat aku wacana bagaimana  Cara Praktis Membuat Link Pada artikel blog untuk pemula
Seperti terlihat pada gambar diatas, misal text untuk dibentuk link ialah goresan pena "editor blog anda", silahkan anda pilih atau seleksi text tersebut menyerupai terlihat gambar diatas.

c. kemudian pilih sajian toolbar "Link" menyerupai terlihat pada gambar diatas.
Dengan menekan tombol tersebut anda akan disajikan kemudahan untuk mempermudah membuat link menyerupai terlihat pada gambar dibawah ini:

Saya pernah ditanya oleh sobat aku wacana bagaimana  Cara Praktis Membuat Link Pada artikel blog untuk pemula

Ada 4 bab yang sanggup anda isi dan sesuaikan, sebagai berikut:

1. Text do display, silahkan isi dengan text atau goresan pena yang ingin supaya goresan pena tersebut sanggup diklik. kalau anda sudah menyeleksi goresan pena maka setrik otomatis Text to display akan terisi goresan pena yang dipilih.

2. Web Address, silahkan isi dengan URL yang dituju, kalau link diklik maka akan menuju Halaman URL tersebut.

3. Open this link in a new window, silahkan anda ceklis supaya dikala link diklik maka akan terbuka di halaman browser dengan window atau jendela baru.

4. Add 'rel=nofollow attribute (learn more)
Silahkan Ceklis kalau link yang ingin anda buat ialah link nofollow, kalau tidak diceklis maka link yang akan anda buat ialah link dofollow, link nofollow ialah link yang hanya akan dibaca oleh robot mesin pencari tanpa ditelusuri kemana link tersebut dituju. sedangkan dofollow sebaliknya.

Baca juga : Perbedaan link dofollow dan nofollow

Jika link yang dibentuk masih menuju url halaman blog anda miliki, lebih baik gunakan link dofollow (jangan diceklis goresan pena Add 'rel=nofollow attribut'), sedangkan kalau link yang dibentuk menuju halaman blog orang lain maka gunakan nofollow (silahkan ceklis goresan pena Add 'rel=nofollow attribut').


Dengan trik diatas bekerjsama anda membuat link dengan isyarat HTML namun trik membuatnya sudah dipermudah oleh adanya kemudahan khusus, tetap saja isyarat html yang akan terbentuk ialah isyarat HTML untuk membuat link.

Baca juga: Cara gampang membuat link dengan gambar

Apa fungsi Link di dalam artikel Postingan blog?

Apakah keberadaan sebuah link dalam sebuah artikel blog diperlukan?, berikut ialah beberapa fungsi dari link dalam sebuah artikel sebagai pertimbangan apakah perlu dilibatkan atau tidak, supaya anda memahami pentingnya sebuah link didalam artikel:

a. Meningkatkan pageview artikel blog
dengan adanya link terutama internal link pada artikel blog yang menuju artikel relevan lainnya, setidaknya akan memberi peluang untuk meningkatkan pageview artikel blog yang dirujuknya, internal link sanggup menjadi salah satu teknik untuk meningkatkan pageview artikel gres dengan memasang link di artikel yang sudah lebih dulu populer.

b. Memperbaik bouncerate blog
Blog yang baik tentu saja yang mempunyai bouncerate yang baik, dengan adanya link didalam artikel postingan blog maka pengunjung setidaknya tidak akan eksklusif keluar sesudah selesai membaca artikel yang bersangkutan, namun mereka sanggup saja mengklik internal link untuk membaca artikel berikutnya, semakin berlama-lama pengunjung diblog kita itu artinya akan memperbaiki bouncerate blog menjadi lebih baik, semakin baik bouncerate sanggup saja memperlihatkan sinyal kepada mesin pencari bahwa artikel yang disajikan memang berkualitas dan informatif, efeknya artikel blog akan lebih gampang ditemukan mesin pencari.

c. Mempermudah index mesin pencari
Adanya internal link didalam artikel postingan setrik tidak eksklusif akan mempermudah robot mesin pencari untuk menelusuri isi blog kita, mengindeknya sehingga blog akan lebih gampang dikenali oleh mesin pencari.

d. Link sanggup Meningkatkan kualitas artikel
Link terutama link keluar atau ekternal link yang menuju artikel relevan yang sedang dibahas sanggup memperkuat kualitas artikel di mata mesin pencari, anda boleh meletakan link keluar selama link tersebut relevan, menuju artikel blog yang mempunyai reputasi yang baik dimata mesin pencari, variasikan penggunaan anchor text, gunakan dofollow dan nofollow link, jangan terlalu berlebihan sehingga kelihatan natural di mata mesin pencari.

 

Kesimpulan

Apapun link yang anda buat intinya ialah sama link tersebut bekerjsama dibentuk menggunakan isyarat html menyerupai uraian diatas, namun untuk beberapa editor blog baik wordpress, mywapblog maupun blogger sudah menyediakan kemudahan khusus untuk mempermudah membuat link, kalau kemudahan tidak ada maka link yang sanggup kita buat harus menggunakan isyarat html.

itulah artikel wacana Cara Praktis Membuat Link Pada artikel blog untuk pemula, semoga dengan adanya artikel ini sanggup menambah wawasan anda untuk membuat goresan pena atau text supaya sanggup diklik, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Gampang Menciptakan Link Pada Artikel Blog Untuk Pemula"

Total Pageviews