Latest News

Apa Itu Backlink Dan Bagaimana Cara Membangunnya?

Salah satu faktor yang masih besar lengan berkuasa meningkatkan rangking halaman situs di hasil pencarian yaitu peranan backlink, backlink sanggup diibaratkan tenaga atau vitamin yang sanggup mensupport halaman situs semoga gampang untuk ditemukan di mesin pencari, backlink sendiri sanggup diartikan sebagai link yang menuju situs milik kita yang kita letakan di situs orang lain, dan istilah lain dari backlink yaitu inbound link atau ada juga yang menyebut sebagai link masuk.

Sebuah link sanggup ada di situs orang lain lantaran beberapa hal, link tersebut ada lantaran diletakan setrik natural oleh sipemilik situs yang bersangkutan lantaran beliau menganggap situs yang dirujuk oleh link tersebut yaitu situs yang bermanfaat, atau bahkan sanggup dibangun oleh si pemilik blog itu sendiri lantaran menginginkan blognya cepat populer, oleh lantaran itu membangun backlink yang berkualitas yaitu agenda wajib blogger untuk membuat situs atau blog nya gampang ditemukan dimesin pencari.

Salah satu faktor yang masih besar lengan berkuasa meningkatkan rangking halaman situs di hasil penc Apa itu backlink dan bagaimana trik membangunnya?
learnseo.ca

I. Memahami Dasar Membuat Backlink?

Untuk membangun backlink berkualitas pertama yang harus anda pahami yaitu perintah membuat sebuah link, lantaran backlink sendiri awalnya yaitu hanya sebuah link namun letaknya ada di situs orang lain, dan link tersebut mereferensi ke situs milik kita, artinya jikalau link tersebut diklik maka akan menuju halaman blog atau situs yang kita miliki, link sendiri sebetulnya dibentuk menggunakan perintah dasar arahan HTML serta sangat gampang untuk dipahami, berikut perintah arahan HTML untuk membuat sebuah link:
<a href='url_tujuan' >anchor text</a>
Kode HTML untuk membuat link pada umumnya diawali dengan arahan tag pembuka "<a...>" dan tag epilog "</a>", sedangkan href yaitu atribut dari tag "<a" yang sanggup diisi dengan alamat url blog atau alamat halaman artikel blog yang dituju ketika link tersebut diklik, sedangkan anchor text adalah goresan pena untuk link tersebut yang sanggup kita lihat (biasanya berwarna biru dan ada bergaris bawah), dan sanggup kita klik, jikalau diklik maka anda akan dibawa ke url_tujuan yang kita masukan di atribut href.

Contoh link:
Misal saya ingin membuat sebuah link dengan goresan pena ini blog saya dan jikalau link tersebut diklik maka anda akan menuju ke halaman blog .

Perintah html untuk membuat link tersebut yaitu sebagai berikut:
 <a href=' '>ini blog saya</a>
Link tersebut statusnya sanggup menjadi backlink jikalau link tersebut kita letakan di situs orang lain.

Mengenal Jenis-jenis backlink 

Ada dua jenis backlink yang sanggup kita buat, yang pertama backlink dofollow dan yang kedua yaitu backlink nofollow, perbedaan kedua backlink tersebut terletak pada pengaruhnya terhadap halaman situs yang kita miliki.

Jika backlink yang kita buat yaitu nofollow maka tidak akan meningkatkan pagerank (PR) halaman situs atau halaman blog yang dirujuknya, sedangkan dofollow akan ikut andil dalam meningkatkan (PR) blog atau halaman blog yang dirujuknya, namun baik backlink dofollow maupun nofollow keduanya punya andil dalam meningkatkan rangking halaman situs di hasil pencarian mesin pencari (SERP).

jadi ketika kita membangun backlink usahakan keduanya sanggup kita buat.

Untuk memahami lebih jauh mengenai jenis backlink, apa itu backlink dofollow dan nofollow, bagaimana trik membuatnya dan bagaima trik membedakannya anda sanggup membaca artikel saya sebelumnya sebagai berikut:
 

Bagaimana trik membangun backlink?

Setelah anda memahami penertian backlink dan bagaimana trik membuatnya, apa yang harus anda lakukan selanjutnya yaitu bagaimana trik membangun backlink.

Para praktisi seo biasa mengistilahkan dengan kata membangun / membangun backlink (backlink building), lantaran ini berafiliasi dengan upaya kita  bagaimana trik sebuah link yang menuju situs kita sanggup kita letakan di situs orang lain,

Kenapa backlink harus dibangun?,

ya lantaran jikalau kita hanya menunggu orang lain untuk meletakan link menuju ke situs kita setrik natural atas kemauan pemilik situs yang bersangkutan barangkali sanggup membutuhkan waktu yang lama, itu juga jikalau artikel blog kita dianggap sangat bermanfaat oleh mereka, jikalau tidak maka peluang orang lain membuat link ke situs kita persentasinya mungkin hanya 0.0000x% saja, kemungkinannya sangat kecil sekali, oleh alasannya yaitu itu salah satu trik yang sanggup kita lakukan yaitu dengan trik membangun backlink tersebut. Berikut beberapa trik yang sanggup anda lakukan untuk membangun backlink:

a. Melalui Aktivitas Blogwalking

Blogwalking yaitu atrik mengunjungi blog lain dan berkomentar didalamnya, melalui atrik ini sekaligus  kita sanggup meletakan link didalam kotak komentar blog atau didalam name url komentar, trik ini merupakan trik kuno yang biasa dilakukan dari dulu dan masih sering dilakukan hingga ketika ini.

Jika anda menentukan trik ini sebaiknya anda memperhatikan hukum main situs yang bersangkutan, jikalau tidak boleh meletakan link, jangan coba-coba anda lakukan, jikalau diperbolehkan anda sanggup meletakan backlink didalam komentar yang anda buat, buatlah komentar yang relevan dengan artikel yang bersangkutan dan buatlah sepanjang mungkin semoga komentar anda di approve.

Untuk membangun backlink dengan trik ini sebaiknya anda menentukan blog yang memang benar-benar membahas topik yang relevan dengan blog yang anda miliki, namun tetap harus hati-hati, jangan terlalu membabibuta melaksanakan trik ini cukup sewajarnya saja dan jangan sering-sering.

Untuk melaksanakan trik ini anda harus menemukan blog sasaran untuk anda komentari dan untuk anda letakan link didalamnya.

b. Melalui guest blogging

Guest blogging yaitu membuat artikel postingan kemudian artikel postingan tersebut kita terbitkan di blog orang lain tentunya atas seizin si empunya blog, di dalam artikel yang dibentuk kita sanggup menyisipkan klink yang menuju situs kita.

Banyak tersedia blog-blog yang gratis mempersilahkan para blogger lain untuk berkontribusi menyumbang artikel, namun ada juga yang berbayar tergantung blognya, peletakan backlink melalui atrik guest blogging yaitu salah satu paporite para whitehat seo dan trik ini yaitu salah satu yang sanggup menghasilkan backlink yang benar-benar berkualitas tinggi. (salah satu backlink berkualitas yaitu baclink didalam artikel yang diterbitkan disitus yang sudah mempunyai reputasi baik dimata mesin pencari dan membahas topik yang sama dengan link halaman blog yang dituju).

Jika anda menyukai trik ini, silahkan cari terget blog atau situs yang membahas topik relevan dengan blog anda.

c. Berinteraksi di lembaga online

Untuk membangun backlink berkualitas anda juga sanggup memanfaatkan keberadaan situs lembaga online, lembaga online pada umumnya akan menunjukkan kesempatan kepada setiap membernya untuk menerbitkan artikel didalam lembaga tersebut.

Di situs Forum online anda sanggup membuat artikel dengan meletakan backlink ke situs atau blog anda, bahkan selain kita sanggup meletakan backlink di dalam artikel, ada beberapa lembaga online yang menunjukkan akomodasi signatur didalamnya sehingga kita akan mendapat backlink dari signatur yang kita pasang pada situs lembaga online tersebut.

Ada beberapa lembaga online yang cukup manis untuk anda gunakan dalam mendapat backlink diantaranya yaitu sebagai berikut:
  •  EOcommunity.com: Forum utk event orginizer dan general topik
  •  Forum.kompas.com: Forum di situs kompas.com 
  •  Bersosial.com : Forum diskusi online Indonesia
  •  Forum.detik.com: Forum di situs detik.com
  •  Kaskus.com: lembaga terkenal indonesia
  •  Pengusaha.co: Forum diskusi dan jual beli (update: ketika ini link dari lembaga ini sudah Nofollow)
  •  Dan lain-lain
Untuk mendapat backlink dari forum-forum diatas, pertama anda harus bergabung menjadi membernya, kemudian anda gres sanggup menerbitkan artikel didalamnya.

Sebenarnya masih banyak teknik untuk membangun backlink silahkan anda eksplore.


Strategi membangun backlink

Untuk membangun backlik memang tidak semudah membalikan telapak tangan perlu perjuangan dan kerja keras dan biasanya akan memakan waktu serta membutuhkan proses, untuk membangun backlink pertama kita harus menemukan blog sasaran yang akan kita letakan backlink didalamnya, yang kedua kita harus menyiapkan url-url artikel beserta anchor textnya yang akan dijadikan link untuk diletakan disitus orang lain, sesudah blog sasaran ditemukan gres kita sanggup meletakan link url blog kita disitus mereka.

Untuk membangun backlink tidak sanggup kita lakukan sembarangan, ada teknik, trik dan seni administrasi khusus yang harus kita perhatikan, diantaranya yaitu sebagai berikut:


1. Situs sasaran untuk meletakan backlink (sumber backlink)

Untuk meletakan backlink sebaiknya menentukan blog atau situs yang mempunyai topik relevan dengan blog atau artikel yang ingin kita promosikan, dengan demikian backlink akan dianggap berkualitas dan efeknya atau pengaruhnya akan sangat besar sekali untuk meningkatkan rangking halaman situs di hasil pencarian.

2. Persentase penggunaan anchor text

Membuat backlink ada hukum mainnya, terutama penggunaan anchor text, sebaiknya tidak dilakukan sembarangan lantaran jikalau salah sedikit saja maka sanggup dianggap menyalahi kaidah google webmaster guidelines perihal penyalahgunaan link schemes, dampaknya sanggup mendapat penalty dari google.

Memang untuk membuat artikel blog kita sanggup menempati posisi terbaik hasil pencarian yaitu dengan membangun backlink menggunakan anchor text dengan kata kunci yang dibidik untuk artikel yang ingin kita promosikan, sesudah google melaksanakan update algoritma pinguin dan panda trik semacam itu untuk ketika ini tidak lagi diperbolehkan . namun anda jangan khawatir lantaran ada trik-trik yang sanggup anda lakukan yang masih dianggap masuk akal dan masih sanggup ditolelir sebagai berikut:

  • Kisaran (30%-80%) Anchor text menggunakan alamat url utama situs (misal: strukturkode.bogspot.com, adsense-lab.blogspot.com dll)
  • Kisaran (10%-80%)Anchor text menggunakan merk situs atau blog (misal: strukturkode, google, kaskus dll)
  • Kisaran (30%-80%) menggunakan anchor text acak (misal: klik disini, menuju tkp dll)
  •  kisaran (0%-15%) menggunakan kata kunci yang dibidik
 Semakin berfariasi backlink yang kita buat maka akan semakin natural dimata mesin pencari.

3. Frequensi membangun backlink

Berbitrik mengenai frekuensi berarti bersahabat kaitannya dengan keseringan, untuk membangun backlink sebaiknya perhatikan juga frequensi, jangan terlalu membabibuta dalam membangun backlink, misal dalam waktu yang singkat anda membangun backlink dalam jumlah yang luar biasa banyak, dengan tujuan semoga blog cepat populer, padahal blog anda atau artikel blog anda masih sangat baru.

Tindakan membagun backlink setrik berlebihan mirip itu tidak baik bagi kesehatan blog kita, bukan laba yang akan anda dapatkan malah akan mendapat penalty dari mesin pencari google, jikalau kita membangun backlink setrik membabibuta sanggup memicu webspam google. dan ujung-ujungnya akan sangat merugikan untuk blog kita.
Baca juga: Cara membangun backlink yang kondusif untuk blog anda.

4. Jenis backlink (dofollow atau nofollow)

Agar backlink kelihatan natural anda harus membuat backlink dengan menggunakan dua jenis backlink tersebut (dofollow atau nofollow) kedua backlink tersebut sanggup ikut andil dalam memperbaiki rangking halaman situs di hasil pencarian.

e. Arah link yang dituju

Dalam mambangun backlink sebaiknya perhatikan juga arah link, sanggup anda tujukan untuk homepage dan sanggup anda tujukan untuk artikel, dua-duanya harus mendapat porsi yang sama, jikalau diarahkan ke homepage berarti untuk memperkuat situs blog, sedangkan jikalau ke artikel sanggup memperkuat artikel blog yang bersangkutan, beberapa praktisi seo menyarankan persentase pembagian distribusi backlink sebagai berikut:

  • Menuju homepage kisaran 20-50%
  • Menuju artikel blog kisaran 50-80%
Duaduanya harus mendapat porsi yang cukup semoga ferforma yang blog seimbang.

sesudah anda berhasil memahami apa itu backlink dan bagaimana trik membangunnya, sanggup anda jadikan panduan untuk membangun backlink ke situs atau blog anda, pada dasarnya dalam membangun backlink jangan terlalu berlebihan dan buat senatural mungkin seperti backlink tersebut alami dan buakan dibentuk setrik manual oleh anda sendiri, silahkan dicoba semoga sanggup membantu meningkatkan popularitas blog anda dihasil pencarian.

0 Response to "Apa Itu Backlink Dan Bagaimana Cara Membangunnya?"

Total Pageviews