Latest News

Cara Memasang Facebook Open Graph Di Blogspot

Facebook Open Graph bergotong-royong ialah arahan khusus berupa meta tag HTML yang menggunakan hukum yang diadaptasi dengan standar facebook, arahan ini sanggup diletakan di template blog anda baik itu blog berflatform blogspot, wordpress dan blog lainnya, arahan ini dipakai untuk menyimpan gosip khusus yang sanggup dibaca dan dikenali oleh plugin facebook.

Jika anda memasang facebook sosial media sharing pada halaman blog anda, maka arahan facebook open graph setidaknya harus anda letakan juga di template blog anda, tujuannya ialah supaya facebook sanggup membaca dan mengenali setiap gosip yang terdapat di dalam halaman blog tersebut untuk dishare.

Ketika pengunjung blog anda melaksanakan share halaman artikel postingan tersebut melalui tombol share facebook yang tersedia, maka facebook akan membaca struktur halaman tersebut untuk mendapat gosip konten yang diperlukan untuk konten sosial media share. gosip tersebut akan diperoleh melalui meta open graph yang anda pasang pada arahan template blog anda.

Mengenal Kode Facebook Open Graph

Ketika anda mengeujungi dan membaca sebuah halaman situs kemudian anda anggap halaman tersebut patut untuk di share dan anda mencoba melaksanakan share menggunakan tombol facebook sosial media share yang tersedia di halaman blog tersebut maka apa yang akan anda lihat selanjutnya?

Kurang lebih akan terlihat ibarat gambar dibawah ini:



Konten Share Facebook dengan Open Graph

Konten share akan menyesuaikan dengan halaman blog atau website yang akan dishare, beberapa bab penting yang disajikan konten share adalah:
  • Gambar: menyesuaikan dengan gambar yang dipakai pada artikel yang akan dishare
  • Judul Artikel: sesuai dengan judul artikel yang akan dishare
  • Deskripsi: deskripsi singkat yang mewakili isi artikel
  • Url Blog: URL atau alamat blog yang bersangkutan
Facebook bisa menampilkan gambar, judul artikel dan juga descripsi yang mewakili artikel blog yang berangkutan untuk dishare ibarat gambar diatas,  itu dikarenakan pada script template blog yang bersangkutan sudah dipasang Tag Open graph. melalui gosip pada tag open graph tersebut facebook sanggup mengenali mana gambar yang akan dishare, dan judul dari artikel yang akan dishare untuk disajikan pada konten share facebook.

Namun Jika blog tersebut tidak memasang tag opengraph pada template blognya maka tampilan konten share tidak akan bisa menampilkan gambar, terlihat ibarat gambar dibawah ini:

Facebook Open Graph bergotong-royong ialah arahan khusus berupa meta tag HTML yang menggunakan at Cara Memasang Facebook Open Graph di Blogspot
Konten share facebook tanpa gambar alasannya ialah blog tidak memasang open graph

Menurut anda mana yang terlihat paling menarik, tentu saja yang dilengkapi gambar, dan memang benar, share blog di facebook menggunakan judul disertai gambar yang menarik akan bisa meningkatkan pengunjung untuk mengunjungi blog anda, oleh alasannya ialah itu untuk mendapat konten share blog di facebook lebih menarik disertai gambar maka anda harus memasang facebook open graph di arahan template blog anda.

Berikut Daftar Kode facebook Open graph yang bisa anda gunakan

Apapun blognya baik itu wordpress maupun blogspot, jikalau anda menyertakan tombol facebook sosial media share pada halaman blog anda maka silahkan anda pasang arahan open graph pada template blog anda.

beberapa arahan open grap untuk mendukung sosial media share halaman blog anda:

1. og:title
arahan ini berfungi untuk menyimpan gosip judul artikel blog yang bersangkutan. jikalau facebook menemukan dan membaca arahan ini, maka akan dipakai sebagai judul konten share facebook.
Contoh Penggunaan:
<meta property=”og:title” content=”Tips Memilih Web Hosting yang cocok untuk situs Anda?”/>
2. og:type
Kode ini dipakai untuk menyimpan gosip jenis artikel yang akan anda share, ada aneka macam go:type yang bisa anda gunakan, setrik lengkap anda bisa baca disini.
Contoh Penggunaan:
<meta property=”og:type” content=”article”/>

3. og:description
Kode ini dipakai untuk meletakan gosip descripsi yang akan disertakan di konten share facebook. untuk blog berfaltform blogspot anda bisa mengisi meta og:description dengan meta description untuk halaman artikel yang akan dishare.
Contoh Penggunaan:
<meta property=”og:description” content=”disini dijelaskan trik menentukan web hosting yang sempurna untuk blog anda supaya anda tidak menyesal!“/>

4.og:image
Kode open graph ini sanggup dapat anda gunakan untuk menyimpan gosip mengenai gambar yang akan dipakai dikonten share facebook, jikalau artikel yang dishare mencantumkan gambar maka gambar tersebut harus bisa disertakan dikonten share facebook setrik otomatis. facebook setrik otomatis akan menggenerate konten share dengan gambar yang diambil dari arahan open graph og:image ini.
Contoh Penggunaan:
<meta property=”og:url” content=”http://4.bp.blogspot.com/-GbjRUII_U8Q/Vk0vm9-HvWI/AAAAAAAACVI/-kuxVQwz-PM/s1600/facebook-share-tanpa-open-graph.png”/> 

5. og:url
Tag open graph ini bisa anda gunakan untuk menyimpan gosip url dari artikel blog yang akan di share ke facebook.
Contoh Penggunaan:
<meta property=”og:url” content=” /search?q=memasang-facebook-opengrap-di-blogspot"/>

7. og:site_name
Kode open graph ini sanggup dipakai untuk meletakan nama situs dari artikel blog yang akan dishare. arahan ini akan dibaca oleh facebook untuk mendapat nama situs atau blog yang melaksanakan share.
Contoh Penggunaan:
<meta property=”og:site_name” content=”Struktur Kode”/>
8. fb:admins
arahan ini bisa anda gunakan untuk mengaitkan halaman facebook anda dengan blog, supaya setiap interaksi fans page blog anda terhadap blog yang anda share statisticnya sanggup diktahui setrik detail.
Contoh Penggunaan:
 <meta property=”fb:admins” content=”facebook_id_anda″/>

Jika anda ingin menghasilkan konten share yang menarik dilengkapi gambar maka, selain tombol share facebook, arahan open graph facebook diatas wajib anda pasang juga pada template blogspot anda.

Cara Memasang Facebook Open Graph pada blogspot anda? 

Berikut langkah-langkah memasang arahan facebook openg raph yang benar di template blogspot anda:

1. Pasanglah arahan open graph dibawah ini jikalau didalam halaman artikel anda anda memasang tombol facebook share.

1. Pastikan bahwa di template blog anda belum terpasang facebook open graph.

2. Masuk ke akun blogspot anda, dibilah sajian sisi kiri pilih sajian Template kemudian tekan tombol Edit HTML untuk masuk ke editor template blog anda.

3. Klik editor template blog anda, tekan CTRL + F, untuk mengaktifkan kemudahan pencarian, silahkan cari arahan :
</head
4. Letakan arahan dibawah ini diatas arahan </head

 <b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<meta content='id_facebook' property='fb:admins'/>
<b:if cond='data:blog.url'>
<meta expr:content='data:blog.url' property='og:url'/>
</b:if>
<meta expr:content='data:blog.title' property='og:site_name'/>
<b:if cond='data:blog.pageName'>
<meta expr:content='data:blog.pageName' property='og:title'/>
</b:if>
<meta content='website' property='og:type'/>
<b:if cond='data:blog.postImageThumbnailUrl'>
<meta expr:content='data:blog.postImageThumbnailUrl' property='og:image'/>
<link expr:href='data:blog.postImageThumbnailUrl' rel='image_src'/>
</b:if>
<b:if cond='data:blog.metaDescription'>
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' property='og:description'/>
</b:if>
</b:if>
Kode diatas akan menggenerate konten share facebook setrik otomatis menggunakan gambar, judul dan deskripsi (diambil dari meta deskripsi artikel yang akan dishare), gambar yang akan dipakai ialah gambar yang anda share pada artikel tersebut.

Jangan lupa Silahkan anda ganti id_facebook dengan id facebook anda, jikalau kebetulan anda belum mempunyai akan facebook, silahkan anda buat dulu akun facebook:

Anda bisa baca: trik membuat akun facebook terbaru

Jika anda sudah mempunyai salah satu akun facebook, untuk mendapat id facebook anda langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:

a. Masuk ke akun facebook anda.
b. pada sajian nama anda, kemudian klik kanan, kemudian pilih sub sajian "Salin Lokasi Tautan, misal facebook punya saya:

https://www.facebook.com/ajidin

Sebagai pola facebook punya saya diatas, anda tinggal hapus goresan pena https://www.facebook.com/ sehingga hanya menghasilkan idnya saja  pola diatas ajidin, sesudah itu silahkan anda ganti id_facebook_anda dengan id anda sebagai pola id punya saya yaitu ajidin. menjadi kurang lebih ibarat ini:
<meta content='ajidin' property='fb:admins'/>

 Jika sudah silahkan anda simpan template blog anda.


5. Untuk mengetes kinerja facebook open graph yang anda buat, silahkan anda pilih pilih artikel yang anda sertakan gambar didalamnya, tekan tombol facebook share pada halaman blog anda tersebut, jikalau konten facebook share menampilkan gambar, judul dan deskripsi ibarat gambar diatas berarti arahan facebook open graph yang anda pasang sudah benar.

atau anda bisa menggunakan trik lainnya, yaitu dengan mengunjungi halaman object debug facebook.

kemudian silahkan anda masukan url halaman artikel blog yang ingin anda lihat konten share facebook untuk halaman tersebut,  kemudian tekan tombol debug:

Jika tidak menhasilkan warning error berarti arahan opengrap yang anda pasang sudah benar.


Demikian artikel tentang Cara Praktis Memasang Facebook Open graph di blogspot, semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Memasang Facebook Open Graph Di Blogspot"

Total Pageviews