Latest News

#4 Point Penting Saat Menciptakan Judul Artikel Postingan

4 point penting saat membuat judul artikel postingan, Satu hal yang memang benar-benar harus difikirkan sebelum menulis artikel postingan yaitu menentukan judul, judul merupakan faktor terpenting yang bisa mempengaruhi hasil pencarian, saat mesin pencari melaksanakan pencarian maka yang akan diprioritaskan yaitu kata-kata yang terletak di dalam judul, kemudian melanjutkan ke meta deskripsi jikalau ada dan juga melanjutkan ke isi artikel postingan, judul pada pada dasarnya mewakili isi artikel setrik keseluruhan, sehingga isi artikel yang baik harus menguraikan setrik lengkap kandungan atau point penting yang terdapat pada judul artikel.

Ketika pengguna internet melaksanakan pencarian menggunakan mesin pencari semisal google, yahoo atau bing,  terlepas dari faktor lainnya mesin pencari akan mencari judul artikel yang dianggap relevan menyesuaikan dengan isi artikel yang dibahas,  jikalau artikel relevan tersebut ditemukan dan layak mendapatakan posisi terbaik di hasil pencarian maka judul tersebut akan mendapat posisi terbaik di hasil pencarian (SERP).
 point penting saat membuat judul artikel postingan #4 Point Penting Ketika Membuat Judul Artikel Postingan
Karena judul yaitu salah satu pola mesin pencari menemukan relevansi artikel anda dengan kata kunci pencarian pengguna internet maka judul harus diperhatikan dengan sangat baik sebelum anda berbagi artikel.

Ada banyak metode yang dipakai oleh para blogger saat membuat judul, ada yang membuat artikel dengan terlebih dahulu mencari dan menganalisa judul yang memang benar-benar banyak dicari, ada juga yang membuat judul tidak melalui analisa dan riset, semuanya sah-sah saja namun jikalau anda ingin artikel yang anda buat mendapat banyak pengunjung  yang harus anda lakukan yaitu memikirkan mencari dan menganalisa judul yang memang benar-benar baik dan banyak dicari.

4 point penting sebelum membuat judul postingan

Internet menyerupai halnya samudra yang sangat luas, dan setiap hari mungkin saja ada ratusan bahkan ribuan blogger yang menerbitkan artikel dengan aneka macam judul bahkan mungkin saja ada banyak sekali judul yang sama dengan judul artikel yang akan anda buat, tentu jikalau anda menyajikan judul yang sama dengan yang pernah diterbitkan oleh blogger-blogger yang lebih dahulu menerbitkan artikel dengan judul tersebut, tidak ada point plush yang sanggup dilihat oleh pengguna internet yang kebetulan menemukan artikel anda di hasil pencarian, sehingga meskipun artikel anda ada di posisi pertama hasil pencarian, artikel anda belum tentu akan mendapat klik, artinya CTR (click trought rate) judul artikel blog anda mungkin saja kecil.

melalui artikel kali ini saya akan coba uraikan tips sebelum anda membuat judul artikel postingan blog anda, agar judul artikel yang anda buat bisa mempunyai kesempatan untuk mendapat banyak klik:

1. Mencari wangsit judul Artikel Postingan

Salah satu hal yang paling sulit sebelum menentukan judul artikel postingan yaitu mencari wangsit judul, namun sebetulnya ada banyak trik untuk mendapat wangsit judul artikel postingan yang akan anda buat. Bahkan untuk saya pribadi wangsit kadang muncul saat sedang menulis artikel, saat menulis artikel ihwal A, maka terkadang muncul untuk judul artikel lainnya, saya akan memperlihatkan tips bagaimana trik menemukan wangsit artikel postingan:

a. Membaca di forum-forum online 
Silahkan anda baca forum-forum online (misal: kaskus.us, bersosial.com dll), silahkan anda berselancar di lembaga tersebut, lakukan pencarian, anda bisa mencari dengan menentukan kategori yang berkaitan dengan blog anda, kemudian gunakan kata kunci [ASK] untuk menampilkan threat atau postingan di lembaga tersebut yang memang dibentuk untuk bertanya, dan anda akan menemukan banyak sekali pertanyaan-pertanyaan dari member lembaga tersebut yang bisa memperlihatkan anda ide.

b. Berkunjung ke blog-blog dengan artikel relevan 
untuk mencari wangsit anda juga bisa berkunjung ke blog-blog yang membahas artikel relevan dengan blog anda, anda bisa menggunakan pemberian mesin pencari google untuk menemukannya, silahkan telusuri blog yang memang terkenal dan memberlakukan komentar, cari artikel-artikel yang mempunyai komentar yang banyak, silahkan anda baca komentar-komentar yang terbit di artikel tersebut, bisa jadi akan ada banyak sekali komentar yang sifatnya pertanyaan yang bisa menjadi wangsit untuk anda jadikan judul artikel.

c. Berkunjung ke situs tanya jawab
Salah satu yang bisa anda manfaatkan untuk menemukan wangsit judul artikel postingan adalah, sering-seringlah berkunjung ke situs-situs tanya jawab, menyerupai misalnya yahoo answer untuk indonesia, dan situs-situs tanya jawab lainnya, silahkan pilih kategori yang anda anggap mempunyai relevansi atau kaitan dengan artikel yang anda bahas, dan silahkan anda telusuri pertanyaan-pertanyaan sekaligus balasan yang diterbitkan oleh member situs tersebut, darisana mungkin anda bisa menemukan wangsit untuk judul postingan anda, metode ini sering saya gunakan untuk mencari wangsit judul postingan.

d. Sering-seringlah membaca artikel orang lain
Sering-seringlah membaca artikel orang lain, jikalau anda mengerti bahasa inggris alangkah baiknya anda bisa membaca artikel luar negeri berbahasa inggris alasannya biasanya akan banyak sekali ditemukan wangsit untuk membuat artikel, atau artikel dalam negeri pun bisa juga anda baca, silahkan anda pilih artikel yang memang berdasarkan anda baru, pengalaman saya, biasanya saya selalu mendapat wangsit dari 3 artikel yang saya bacam bahkan dari 1 artikel yang saya baca bisa juga menemukan banyak ide.

e. Bergabung di group-group media sosial
Ada banyak sekali media umum yang mempunyai akomodasi untuk membuat group menyerupai facebook dan google+, anda bisa mencari group-group di media umum tersebut yang anda anggap relevan dengan topik blog anda, silahkan anda bergabung, aktiflah dan monitor terus atrik group di media umum tersebut. media umum memang khusus dipakai salah satunya untuk media tanya jawab, sehingga media ini akan sangat efektif untuk menemukan wangsit judul artikel postingan blog anda.
Carilah grou-group media umum yang memang sudah mempunyai keanggotaan yang sangat banyak dan anggota di group tersebut aktif.

f. Memonitor google trends.
Goole trends merupakan situs yang memang dibentuk khusus untuk menampilkan pencarian terpopuler atau tr demam isu di seluruh dunia, anda bisa menggunakan situs ini untuk mencari wangsit judul postingan, situs ini akan sangat cocok sekali untuk anda yang kebetulan mempunyai blog berita, untuk blog dengan topik apapun tidak ada salahnya anda mencoba, siapa tau dari google trends anda bisa mendapat banyak sekali wangsit untuk judul artikel yang akan anda kembangkan.

Baca juga: riset kata kunci dengan google trends

Silahkan sempatkan untuk memonitor google trends sesekali jikalau anda kebetulan gundah mencari wangsit judul postingan.

Artikel terkait: 5 Cara menemukan kata kunci yang paling banyak dicari
 

2. Analisa Kata kunci.

Setelah anda menemukan wangsit judul untuk artikel postingan yang akan anda kembangkan langkah selanjutnya yaitu melaksanakan riset kata kunci, tujuannya yaitu agar anda sanggup memastikan bahwa artikel blog anda memang benar-benar banyak dicari.

Analisa kata kunci berdasarkan saya sifatnya opsional, jikalau artikel blog yang akan anda kembangkan ingin mempunyai potensi menjaring pengunjung maka lakukan riset kata kunci, jikalau artikel yang anda ingin kembangkan hanya sebagai pemanis menambah informasi di blog anda, riset saya kira tidak perlu anda lakukan, bahkan apa yang terlintas benak anda, jikalau mau anda bisa eksklusif kembangkan menjadi artikel  blog anda.

Jika anda memang lebih menentukan untuk melaksanakan riset kata kunci, silahkan lakukan, toh memang terbukti artikel yang dikembangkan hasil riset potensinya besar sekali untuk menjaring banyak sekali visitor ke blog anda.

Ada banyak sekali tool untuk analisa kata kunci, yang paling terkenal dan paling efektif berdasarkan saya yaitu menggunakan google keyword planner (GKP), tool ini yaitu tool yang disediakan oleh google yang bisa memperlihatkan informasi mengenai popularitas setiap kata kunci yang anda umpan, silahkan umpan atau ketikan wangsit kata kunci yang sudah anda dapatkan untuk melihat statistik popularitas kata kunci tersebut, anda akan melihat statistik seberapa terkenal kata kunci tersebut yang ditunjukan dengan jumlah pencarian setiap bulan.

Untuk lebih detail trik melaksanakan riset kata kunci menggunakan GKP, anda bisa baca di artikel di bawah ini:
Riset kata kunci dengan google keyword planner

Silahkan anda pilih kata kunci yang memang berdasarkan anda pantas dan cocok untuk anda judul kemudian kembangkan menjadi artikel postingan blog anda, dari kata kunci yang anda dapatkan anda bisa kembangkan menjadi judul long tail keyword agar mempunyai banyak peluang untuk ditemukan di hasil pencarian.

Baca juga: Cara menentukan longtail keyword yang tepat


3. Cari dan Pilih Judul yang unik (berbeda dengan yang lain)

Setelah anda mendapat wangsit kata kunci yang cocok kemudian anda kembangkan menjadi judul untuk artikel postingan blog anda, langkah berikutnya adalah, anda uji kata kunci tersebut di hasil pencarian google. tujuannya yaitu untuk memastikan bahwa judul yang anda buat belum anda yang menggunakan.

Misal Saya tetapkan untuk mengambil Judul "tips menentukan asuransi kesehatan", sebelum judul tersebut dikembangkan, alangkah baiknya judul tersebut di cek di hasil pencarian, apakah unik atau tidak, triknya.

Silahkan anda masuk ke pencarian google kemudian masukan pencarian dengan kata kunci disertai  tanda kutip  "tips menentukan asuransi kesehatan" jikalau ternyata ada artikel dengan judul yang sama muncul di hasil pencarian lebih baik anda modifikasi judul tersebut agar sedikit berbeda dan kelihatan unik.

Karena sehabis judul tersebut di cek kebetulan ada artikel lain yang mempunyai judul yang sama maka saya akan memodifikasi judul tersebut agar sedikit berbeda contohnya menjadi : "tips terbaik menentukan asuransi kesehatan", dan cek kembali untuk judul tersebut dihasil pencarian disertai tanda kutif lihat hasilnya,

Jika karenanya menyerupai gambar dibawah ini :

 Jika di hasil pencarian paling atas anda melihat tulisan,  No Results Found for "tips terbaik menentukan asuransi kesehatan", seperti terlihat pada gambar di atas, itu artinya judul tersebut unik dan manis untuk dijadikan judul artikel blog anda.

Ketika pengguna internet melaksanakan pencarian menggunakan mesin pencari dan kebetulan menemukan judul artikel blog anda di halaman pertama, maka judul blog anda akan bersaing dengan 10 judul lainnya, jikalau kebetulan judul yang anda buat sama dengan judul blog lainnya dan muncul bersamaan pada halaman pertama, maka akan meningkatkan kompetitor blog anda, judul artikel yang anda buat alasannya sama dengan judul artikel blog orang lain tidak akan memperlihatkan informasi tambahan kepada pengguna internet sehingga kemungkinan besar CTR (CTR=judul di yang muncul dihasil pencarian di-click oleh pengguna internet) judul artikel anda tersebut akan sangat kecil.

Oleh alasannya itu apapun judul yang anda ambil, cobalah untuk membuat judul yang sedikit unik berbeda dengan yang lain sehingga judul yang anda buat puya nilai lebih tersendiri.


4. Maksimalkan judul artikel blog anda
Jika anda berhasil menemukan judul yang unik atau berbeda dengan judul artikel blog lainnya dengan topik yang sama, langkah berikutnya yaitu memaksimalkan judul tersebut untuk meningkatkan nilai CTR, artinya saat judul tersebut berhasil muncul di halaman pertama google, judul tersebut akan gampang sekali mendapat klik.

Memang judul yang unik saja tidaklah cukup, anda harus memastikan bahwa judul yang anda buat bisa menarik dan mendapat perhatian pengunjung, sehingga meskipun judul artikel blog anda tidak muncul di posisi pertama atau ranking 1 google di halaman pertama SERP (searh enggine result page), judul artikel blog yang anda buat harus sukses mendapat perhatian pengunjung sehingga lebih banyak diklik pengguna.

Dan shure dari situs moz mengungkapkan ihwal bagaimana trik membuat judul agar bisa viral untuk meningkatan ctr konten blog anda di hasil pencarian, anda setidaknya harus melibatkan beberapa faktor dibawah ini:
  • a. Dapat memancing keingintahuan dan membuat ingin tau pembaca, anda bisa melibatkan kata kata unik dan tidak biasa pada judul blog.
  • b. Mengandung pesan manfaat, misal mengandung kata, 7 trik.., 10 tips, bagaimana trik... dll
  • c. Melibatkan Sentuhan Emosional, misal mngandung kata terbaik, terampuh, paling dicari dlll...
  • d. Upayakan judul sanggup muncul penuh di hasil pencarian, anda bisa menggunakan paling tidak 65 hingga 70 huruf untuk judul artikel, jikalau lebih dari itu mesin pencari akan memotongnya sehingga hanya hingga 70 huruf saja yang muncul.dll.

 Kesimpulan:

Jika anda sulit untuk mendapat ranking 1 google atau posisi pertama di hasil pencarian mesin pencari, terutama mesin pencari google, salah satu taktik dan trik terbaik yaitu memaksimalkan judul anda dengan menentukan judul yang baik, relevan dan unik, serta jangan lupa untuk selalu melibatkan unsur-unsur yang sanggup mempengaruhi minat pembaca untuk lebih menentukan judul artikel blog anda dan masuk mengunjungi blog anda.

Untuk mendapat banyak pengunjung pada blog anda, tidak perlu mendapat posisi 1 google, cukup artikel bisa nangkring di halaman depan google, jikalau judul artikel blog anda dianggap menarik, anda akan banyak mendapat pengunjung dari artikel blog yang anda buat.

Silahkan baca:
8 meningkatkan setrik optimal seo agar masuk halaman 1 google
Tips menulis artikel berkualitas untuk mendapat posisi satu google

Hebatnya lagi, mesin pencari terutama google sudah banyak sekali mengalami perubahan, salah satunya yaitu melibatkan faktor penngguna atau lebih dikenal dengan UX (User Experince) faktor, artinya pengguna mempunyai peranan sangat penting untuk meningkatkan popularias blog anda, semakin judul blog anda lebih dipilih orang dan diklik orang saat ditemukan dihasil pencarian, saat pengunjung betah berlama-lama di blog anda, maka akan memperlihatkan sinyal kepada mesin pencari bahwa artikel blog anda yaitu artikel berkualitas, lambat tapi niscaya reputasi artikel tersebut akan membaik dan akan diprioritaskan daripada artikel yang lain, sehingga artikel akan bisa bertengger di posisi satu mesin pencari google.

Demikian artikel ihwal 4 point penting saat membuat judul artikel postingan, semoga bermanfaat.

0 Response to "#4 Point Penting Saat Menciptakan Judul Artikel Postingan"

Total Pageviews