Latest News

4 Experimen Aku Untuk Meningkatkan Nilai Cpc Adsense

Salah satu faktor yang paling lebih banyak didominasi untuk mendapat penghasilan google adsense dalam jumlah yang cukup besar ialah faktor jumlah visitor, jumlah click iklan dan nilai CPC (Cost per click) atau BPK (biaya per-click), khusus untuk duduk kasus nilai CPC, nilai CPC untuk setiap iklan memang majemuk sangat dipengaruhi oleh beberapa hal, diantaranya mungkin saja ialah niche dari blog yang anda sajikan, kualitas artikel, asal visitor yang melaksanakan klik iklan, bahasa blog, sumber trafik berasal dan lain sebagainya, google memang tidak setrik spesifik menyebutkan hal-hal apa saja yang bisa meningkatkan dan menurunkan CPC, namun terkadang, kalau kita amati CPC selalu turun naik, terkadang turun dan terkadang bisa naik.

Untuk memastikan bahwa trik yang kita tempuh ialah trik yang paling sempurna untuk mendapat cpc terbaik dari iklan google adsense, maka diharapkan sebuah eksperimen sederhana untuk menguji nilai CPC untuk iklan google adsense yang kita pasang di blog kita.

Salah satu faktor yang paling lebih banyak didominasi untuk mendapat penghasilan google adsense dalam j 4 Experimen Saya untuk Meningkatkan Nilai CPC AdSense
 Eksperimen meningkatkan nilai cpc google adsense

Beberapa eksperimen pernah saya coba, dan mungkin saja eksperimen berikut bisa juga anda coba siapa tau berhasil untuk meningkatkan nilai cpc google adsnse.

Experimen yang pernah saya coba untuk Meningkatkan Nilai CPC (BPK) Google AdSense

berikut ialah beberapa eksperimen sederhana untuk meningkatkan nilai cpc google adsense yang pernah saya coba:

1. Konten Kaya Vs Konten Miskin

Konten blog bisa disajikan sangat sederhana dan juga detail, konten sederhana saya anggap saja konten dengan jumlah kata tidak lebih dari 400 kata, sedangkan konten detail jumlah kata lebih besar dari 800 kata.

Setelah saya meletakan iklan di kedua blog tersebut dengan jumlah iklan dan jenis serta penempatan iklan yang sama, saya mendapat kesimpulan, bahwa iklan yang diletakan di konten blog yang miskin kata, CPC nya cendrung kecil 0.04$ - 0.08$ per-click.

Sedangkan iklan yang diletakan di blog pada artikel dengan jumlah kata yang cukup panjang-panjang, rata-rata nilai CPC yang didapatkan ada di kisaran 0.1X$

Saya mendapat kesimpulan, bahwa untuk mendapat nilai CPC yang lebih baik, salah satu triknya ialah dengan menyajikan artikel yang cukup detail dan jumlah kata yang cukup banyak.

Ini mungkin berbeda untuk blog anda bisa jadi cpc iklan adsense di blog anda cukup baik meskipun jumlah kata di setiap konten sedikit,  ini hanya sebatas eksperimen yang belum niscaya benar dan salahnya alasannya ialah hanya pihak google dan advertiser yang tau berapa nilai CPC bergotong-royong untuk tiap iklan mereka, namun tips ini bisa anda coba dan buktikan sendiri.

2. Sumber Trafik : Organik Vs Non-Organik 

Sumber trafik organik ialah trafik yang berasal dari mesin pencari terutama google, sedangkan sumber trafik non-organik ialah trafik yang bersumber bukan dari mesin pencari google, salah satu pola trafik non-organik diantaranya adalah, trafik dari media umum menyerupai facebook, twitter dan media umum lainnya.

Untuk blog saya, dulu sekali saya pernah mengaitkan blog dengan Fanspage Facebook, sehingga setiap menerbitkan artikel di blog, maka postingan akan ikut terbit juga di fanspage setrik otomatis, saya mengaitkan blog dengan fanspage facebook tujuannya ialah agar trafik bisa bertambah terutama ada komplemen trafik dari media umum tersebut, sempat berjalan beberapa bulan, dan memang terbukti beberapa bulan dipasang  terdeteksi cukup banyak trafik yang tiba dari facebook.

Meskinpun isu terkini trafik blog semakin baik, ternyata ada sisi buruknya,seiring waktu saya mengamati nilai CPC google adsense semakin kecil, dari awalnya rata-rata 0.1x, ternyata sehabis pasang fanspage, nilai CPC rata-rata cendrung menurun, ada di kisaran  0.04$ - 0.05$ kebanyakan  di kisaran 0.05$. saya menyadari niscaya ada sesuatu yang salah dengan blog saya.

Salah satu yang saya soroti ialah alasannya ialah adanya fanspage facebook yang aktif, sehingga ada banyak sumber trafik yang berasal dari facebook, dan kemungkinan dugaan saya ini yang menjadikan CPC semakin kecil,  alhasil saya mencoba menonaktifkan fanspage facebook, kemudian menghilangkan widget like facebook di blog, dan ternyata CPC kembali normal, ini salah satu alasan saya tidak masang fanspage facebook di blog saya yang satu ini dan juga di blog-blog lainnya.

Barangkali mungkin saja hasilnya bisa berbeda jikalau diterapkan di blog anda, mungkin saja nilai cpc anda normal dan terbilang besar meskipun sudah share ke facebook, ini bukan harga mutlak, alasannya ialah sekali lagi, semuanya masih praduga, namun trik ini bisa anda coba jike kebetulan nilai CPC anda kecil dan kondisinya sama menyerupai apa yang pernah saya alami.

Saya mendapat kesimpulan ternyata jikalau sumber trafik terkotori dari media umum terutama facebook sangat besar lengan berkuasa terhadap nilai CPC yang cendrung mengecil, ini hanya untuk kasus pada blog saya, mungkin pada blog anda bisa saja berbeda pengaruhnya.

3. Lokasi Tata letak iklan Adsense terhadap jumlah click iklan dan nilai CPC

Dari awal saya suka sekali dengan penempatan iklan menggunakan 3 jenis iklan konten, dengan lokasi, satu di bawah judul samping artikel (250x300), yang ke dua, di bawah selesai artikel postingan (280x300) dan yang ke 3 iklan di sidebar dengan ukuran 300 x 600, pemasangan iklan menyerupai itu terutama untuk blog saya langsung ialah pemasangan paling baik yang sangat besar lengan berkuasa terhadap CPC, alasannya ialah dari awal saya pasang google adsense tata letak pemasangan iklan menyerupai itulah yang berdasarkan saya memperlihatkan imbas baik terhadap nilai CPC.

Jumlah klik paling banyak ialah iklan yang diletakan di bawah judul, yang kedua di bawah artikel dan yang ketiga iklan di samping artikel postingan.

Dengan Visitor yang awalnya normal dan baik-baik saja, CPC yang normal di kisaran minimal rata-rata 0.1x, hingga pada alhasil saya mendapat peringatan penalti dari google harus menghapus atau tidak menampilkan iklan di 4 artikel, jikalau tidak maka kemungkinan besar akan terkena penalti tingkat konten yang bisa menjadikan dibannednya blog sehingga tidak menampilkan iklan adsense.

Karena khawatir, saya menentukan trik kondusif dengan menghapus konten-konten yang dianggap melanggar tersebut, alhasil konten dihapus dan yang terjadi berikutnya ialah berbagai ditemukan page not found yang dilaporkan oleh google search console, sehingga mengharuskan saya untuk menghapus pengindekan setrik manual.

Yang terjadi berikutnya ialah visitor turun drastis di bulan kedua sehabis penghapusan, hampir kehilangan 8-10k visitor perhari versi histats, dan apa yang terjadi selanjutnya ialah klik benar-benar menurun drastis. sehingga sangat besar lengan berkuasa sekali terhadap pendapatan adsense.

Akhirnya saya mencari trik untuk bangun kembali dari keterpurukan, salah satu triknya ialah merombak susunan tata letak dan jumlah iklan.

Akhirnya saya putuskan untuk meletakan satu iklan tautan di tengah artikel, dan terbukti iklan tautan yang diletakan ditengah artikel bisa meningkatkan jumlah klik 30-50%. namun CPC kecil.

Saya mendapat kesimpulan bahwa salah satu untuk meningkatkan jumlah klik terhadap iklan ialah jangan lewatkan untuk meletakan iklan tautan di tengah artikel, mungkin bisa anda coba siapa tau efeknya sama. namun nilai CPC menjadi kecil (ntah masih musim CPC kecil atau memang mengecil) saya masih mengamati untuk duduk kasus ini.

4. Sahare Konten Otomatis ke Google+ Vs nilai CPC

Share otomatis ke google+ sring saya lakukan dampaknya berbagai visitor yang bersumber dari google+ apalagi ditambah dengan folower yang banyak tentu potensi mendapat pengunjung dari google + akan semakin banyak, beberapa kali saya share ke google + setrik otomatis (bukan share manual) ternyata tidak mempengaruhi nilai CPC, nilai CPC cendrung normal.

Saya mempunyai kesimpulan sementara, bahwa sahare otomatis ke google+ dan sumber trafik dari google plush tidak mempengaruhi nilai CPC.


Memang berbagai faktor-faktor yang bisa memperkecil nilai CPC salah satunya ialah smart pricing, mesin berilmu google yang membuat nilai cpc setrik otomatis mengecil manakala terjadi tindakan curang pada google adsense, menyerupai contohnya bom click dan tindakan yang terdeteksi sebagai tindakancurang.

Kesimpulan

Apapun eksperimen yang saya lakukan belum tentu bisa berdampak sama pada blog anda, namun saya langsung menyimpulkan terutama untuk blog saya langsung bahwa, untuk mendapat nilai CPC terbaik,  maka upaya yang bisa dilakukan ialah sebagai berikut:

a. Menyajikan konten berkualitas dan berbobot serta informatif

b.  Jangan terlalu banyak share ke facebook apalagi setrik manual, untuk kasus saya langsung ternyata sanggup memperkecil nilai CPC.

d. Penempatan iklan dalam jumlah banyak ternyata ikut mempengaruhi nilai CPC yang cendrung semakin kecil, namun jumlah klik menjadi banyak, sedangkan iklan yang dipasang semakin sedikit, maka nilai CPC justru cendrung meningkat, namun jumlah klick sedikit, jikalau anda tertarik dengan trik ini anda bisa menentukan yang berdasarkan anda lebih menguntungkan.

Artikel Menarik Lainnya: 2 Langkah Praktis Upgrage google adsense hosted menjadi non-hosted

Demikian artikel mengenai 3 eksperimen yang pernah saya lakukan untuk meningkatkan nilai CPC google adsense. semoga bermanfaat.

0 Response to "4 Experimen Aku Untuk Meningkatkan Nilai Cpc Adsense"

Total Pageviews